BERBAGI
Pesona budaya di Desa Wisata Sempu Kediri/@jadesta.kemenparekraf.go.id

Inspirasijatim.com – Desa Wisata Sempu merupakan sebuah destinasi wisata yang mempesona di Jawa Timur, menawarkan beragam keindahan alam dan budaya yang siap memanjakan para pengunjung. Terletak di Kabupaten Kediri, desa ini menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari pengalaman unik dan tak terlupakan.

Desa Wisata Sempu ini meraih urutan pertama dari 50 besar desa wisata di Jawa Timur. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah mengumumkan daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Sebelumnya, desa wisata ini telah dianugerahi Desa Wisata Terbaik 2022 oleh Pemkab Kediri.

Dua objek wisata unggulan yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Desa Wisata Sempu adalah Kampoeng Anggrek dan Kampung Indian. Berikut gambaran Kampoeng Anggrek dan Kampoeng Indian:

Kampoeng Anggrek

Di tengah hamparan hijau Desa Wisata Sempu, terdapat sebuah surga bagi para pecinta bunga, yakni Kampoeng Anggrek. Tempat ini merupakan taman anggrek yang luas dengan beraneka ragam jenis anggrek yang menakjubkan. Dari anggrek bulan yang anggun hingga anggrek hitam yang eksotis, keindahan bunga-bunga ini menciptakan panorama yang memikat hati.

Selain menikmati pemandangan indah, pengunjung juga bisa belajar mengenai budidaya anggrek melalui workshop yang tersedia. Di sini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang cara menanam dan merawat anggrek langsung dari ahlinya. Suasana yang tenang dan sejuk membuat Kampoeng Anggrek menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Kampung Indian

Jika Anda ingin merasakan sensasi petualangan yang berbeda, Kampung Indian adalah destinasi yang tepat. Kampung ini menawarkan pengalaman unik dengan nuansa budaya suku Indian yang kental. Berjalan-jalan di Kampung Indian, pengunjung akan disambut dengan deretan tenda-tenda khas Indian yang artistik.

Selain menikmati pemandangan yang eksotis, pengunjung juga dapat mengikuti berbagai kegiatan menarik seperti memanah, menunggang kuda, dan mengenakan kostum tradisional suku Indian. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan pengetahuan baru mengenai budaya suku Indian.

Kampung Indian juga sering mengadakan pertunjukan tari dan musik khas yang menambah keseruan wisata. Anak-anak dan dewasa akan sama-sama menikmati pengalaman berharga ini, menjadikan Kampung Indian sebagai destinasi wisata yang ideal untuk keluarga.

Mengunjungi Desa Wisata Sempu, Anda akan merasakan keindahan alam yang berpadu harmonis dengan budaya lokal yang kaya. Setiap sudut desa ini menyimpan pesona yang siap dieksplorasi. Dari taman bunga yang memanjakan mata di Kampoeng Anggrek hingga pengalaman budaya yang unik di Kampung Indian, Desa Wisata Sempu menjanjikan kenangan indah bagi setiap pengunjungnya.

Usai berkeliling Desa Wsiata Sempu merasa lelah? Pengunjung dapat menginap di sebuah homestay yang terletak di kawasan desa ini. Dengan harga Rp 100 ribuan, sederet fasilitas bisa ditemukan di dalamnya. Mulai dari welcome drink, kamar, dapur, kamar mandi, internet, hingga sarapan pagi.

Daftar Atraksi dan Tiket
Desa Wisata Sempu mempunyai segudang atraksi wisata yang sayang dilewatkan ketika berkunjung ke Kediri. Namun perlu diperhatikan, setiap destinasi di sini mematok harga tiket yang bervariasi. Adapun berikut detikJatim rangkum daftar atraksi di Desa Wisata Sempu beserta biaya tiketnya.

1. Destinasi Wisata Desa Sempu
Kampoeng Anggrek: Rp 12.000/orang
Kampung Indian: Rp 15.000/orang
Adventure Jeep: Rp 500.000/jip dan Rp 800.000/jip (maksimal 4 orang)

2. Paket Edukasi
Omah Olahan Buah Nanas: Rp 1.250.000/grup (maksimal 50 orang)
Budidaya Kambing: Rp 250.000/grup (maksimal 50 orang)
Pertanian Modern: Rp 250.000/grup (maksimal 50 orang)
Seni Tari: Rp 500.000/grup (maksimal 50 orang)
Topeng Panji: Rp 65.000/orang dan Rp 75.000/orang (minimal 40 orang)
Sanggar Soka Lima: Rp 65.000/orang dan Rp 75.000 (minimal 40 orang)

3. Paket Penginapan Desa Wisata Sempu
Homestay: Rp 120.000 dan Rp 150.000 (maksimal dua orang)
Paket Family Time: Rp 500.000 (maksimal lima orang untuk dua hari satu malam)
Paket Suko Pari Suko: Rp 2.330.000 (maksimal tiga orang untuk dua hari satu malam) dan Rp 4.570.000 (maksimal delapan orang untuk dua hari satu malam)

Ajak keluarga dan teman-teman Anda untuk menghabiskan waktu bersama di Desa Wisata Sempu. Nikmati udara segar, pemandangan indah, dan ragam aktivitas yang mengasyikkan. Desa ini tidak hanya menawarkan keindahan, tetapi juga pengalaman yang mendidik dan menginspirasi. Bersiaplah untuk membawa pulang cerita dan kenangan yang tak terlupakan dari Desa Wisata Sempu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here