BERBAGI
Seleksi nasional berdasarkan tes/@kuliahdimana.id

Inspirasijatim.com – Wakil Ketua II SNPMB, Prof Dr Ir Eduart Wolok, mengumumkan bahwa peserta yang lolos Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) 2024 dapat melakukan daftar ulang mulai dari tanggal 14 hingga 30 Juni 2024. Info detail terkait proses daftar ulang dapat dilihat di masing-masing PTN.

“Kami ingin mengingatkan kembali kepada seluruh yang dinyatakan lulus bahwasanya periode registrasi daftar ulang SNBT di PTN masing-masing itu adalah 14 Juni sampai 30 Juni. Info detailnya nanti bisa dilihat di masing-masing PTN,” ujar Prof Dr Ir Eduart Wolok dalam konferensi pers Pengumuman SNBT 2024, Kamis (13/6/2024).

Ia menegaskan bahwa peserta yang telah lulus Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBT) 2024 dan melakukan pendaftaran ulang tidak akan diterima melalui jalur mandiri. Kebijakan ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 62, yang bertujuan untuk menjaga sebaran dan daya tampung yang telah ditetapkan.


“Ini kenapa karena kaitannya dengan kebijakan pada Permendikbud Nomor 62 bahwasanya yang sudah lulus SNBT dan sudah mendaftar ulang, itu tidak akan diterima melalui jalur mandiri. Ini juga salah satu bentuk komitmen kita untuk membuat sebaran, daya tampung yang sudah kita tetapkan agar tidak mengambil kesempatan,” imbuhnya.

Prof Eduart menambahkan bahwa hal ini merupakan bentuk komitmen untuk memastikan keadilan dalam proses penerimaan mahasiswa baru.”Kasihan yang sudah mendapatkan kursi kemudian nanti akan ditinggal dan sebagainya, padahal di sisi lain banyak yang begitu berharap terkait perolehan kursi ini,” katanya lagi.

Sebanyak 231.104 peserta telah dinyatakan lulus UTBK SNBT 2024. Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof Ganefri mengatakan jumlah peserta yang melakukan registrasi akun permanen untuk SNBT tahun ini mencapai 1.583.245 orang

Meski demikian, hanya 785.058 orang yang resmi menjadi peserta dari tiga tahun kelulusan. Selain itu pada tahun ini terdapat peningkatan pesat pada pemilih prodi vokasi.

Menanggapi itu, Dirjen Vokasi Kemendikbudristek RI Kiki Yuliati menyampaikan hal ini dalam kesempatan yang sama. Menurut Kiki hal ini memperlihatkan program-program studi vokasi mulai dikenal para calon mahasiswa baru.

“Dari data yang kami peroleh selama pelaksanaan seleksi mahasiswa baru tahun 2024 kami melihat bahwa pendaftaran mahasiswa di program-program studi vokasi itu meningkat sangat tinggi,” kata Kiki.

Pengumuman SNBT 2024 telah diberikan pada Kamis (13/6/2024). Kini, peserta yang lolos sudah bisa melakukan daftar ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here