Beranda Daerah Kuliner Sempatkan Untuk Berhenti di Pasuruan

Sempatkan Untuk Berhenti di Pasuruan

834
0
BERBAGI

inspirasijatim.com, Pasuruan – Pasuruan adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali yang menjadikannya sebagai kota dengan prospek ekonomi sehingga membuat pasuruan sebagai destinasi wisata kuliner di Jawa Timur.

Apa bila anda melintas di Pasuruan hendaklah berhenti sejenak dikota santri tersebut untuk membeli oleh-oleh khas pasuruan yang sudah tidak diragukan lagi rasa dan kenikmatannya. Pasuruan salah satu daerah produksi  jajanan ringan atau yang biasa kita sebut camilan. Diantaranya ada tiga jajanan pasuruan yang terkenal dan sudah banyak orang yang terpincut dengan rasa khasnya dan dapat menggoyang lidah anda.

  1. Permen Jahe (Ting Ting Jahe) SinA

Oleh-oleh khas Pasuruan yang satu ini ting-ting jahe yang diproduksi oleh SinA. Sejak tahun 1935 sampai sekarang produk-produk SinA diproduksi dengan bahan berkualitas dan telah dieksport ke berbagai Negara, Hongkong, Australia, Amerika, Inggris dan Jerman. Produk unggulan dari SinA adalah permen jahenya (biasa disebut ting ting jahe).

Dahulu permen jahe sin A dibungkus kertas berwarna putih corak biru, ditengah berwarna merah ada gambar jahenya, khas bangetkan. Kemasan ini sekarang masih ada, disamping kemasan yang baru dengan aneka rasa seperti orange, mangga, peppermint dll. Wajib dicicipi ting-ting jahenya dan Anda juga dapat membawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga. Permen jahe Sin A saat ini juga dikemas dengan kemasan yang lebih bagus, praktis dan modern. Selain itu jahe juga banyak berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda.

permen ting ting jahe
  1. Roti Matahari

Sebenarnya roti satu ini sudah ada di beberapa kota di sekitar pasuruan tetapi ada yang membedakan kekhasannya apa bila kalian beli langsung di Pasuruan, mau tau bedanya. Bedanya tentu berada di kondisi rotinya pasti lain dengan beli langsung di kota asal. Kadang sudah agak keras karena sudah beberapa hari sehingga rasanya juga jadi berbeda. Apa lagi harganya pasti lebih murah kalau beli di pasuruan, jaminan harga rasa bentuk dan sensasinya pasti tidak berubah sedikitpun.

Toko roti matahari berdiri sejak tahun 1955. Berbagai jenis roti yang dijual : roti warmball, roti sisir, roti celup, roti ronde, roti kasur dll. Roti sisirnya ada dua jenis, yaitu yang basah dan kering. Untuk roti sisir yang basah dibagi menjadi dua yaitu roti sisir biasa dan roti sisir rombotter. Tentu saja yang paling banyak diminati pembeli adalah roti sisir rombotter nya (pakai mentega Australia) mantap.

Roti Sisir Khas Pasuruan
  1. Bipang Jangkar

Bipang Jangkar, kalau jajanan satu ini sudah terkenal dan teruji di sukai mulai anak kecil, orang desawa dan kakek nenek. Makanan yang terbuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi sampai mekar kemudian dicampur dengan vanili dan gula yang telah dicairkan, lalu dicetak dan dipotong-potong. Rasanya yang manis dan renyah ini membuat kita tidak akan mudah melupakan sensasi saat mulut kita menggigit bipang yang satu ini.

Bipang Jangkar ini diproduksi sejak tahun 1949. Pertama kali menggunakan kertas sebagai pembungkusnya dengan rasa vanilla, kemudian berkembang menjadi bermacam rasa buah-buahan yang dibungkus plastik sehingga bipang lebih tahan lama dan tidak melempem. Bagi penyuka manis, bipang jangkar ini wajib dicoba. [JF]

bipang jangkar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here