Beranda Gaya Hidup Sayangi Jantungmu Dengan Cara ini

Sayangi Jantungmu Dengan Cara ini

839
0
BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: dedaunan)

Inspirasijatim.com – Jantung adalah organ yang paling vital di dalam tubuh, jadi Anda harus menjaga dan  membuatnya agar tetap sehat serta menjalankan fungsinya dengan baik. Jantung merupakan organ yang berperaan dalam meredarkan aliran darah, bisa dipastikan apa bila fungsi jantung anda terganggu maka akan berpengaruh juga pada fungsi organ tubuh yang lain.

Seseorang kemungkinkan terkena serangan jantung apabila terjadi iskemia miokard atau biasa di sebut kekurangan suplai oksigen ke otot jantung. Jika mengeluhkan adanya rasa nyeri di bagian dada atau ulu hati hendaknya, segera periksa kedokter untuk memastikan gejala jantung atau tidak.

Tips bagaimana cara menjaga kesehatan fungsi jantung

  1. Atur berat badan dengan mengontrol pola makan

Terlalu gemuk dapat meningkatkan resiko terkena serangan jantung. Pilih diet atau pola makan yang sehat, seimbang, rendah lemak dan kadar gula. Salah satunya dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur.

  1. Olah raga yang cukup

Cara agar jantung sehat dan kuat selanjutnya adalah dengan rajin berlatih. Memberikan waktu sekitar 2 jam secara konsisten dan kumulatif setiap minggunya untuk olahraga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga mencapai 60 persen dibandingkan yang tidak aktif melakukannya.

  1. Kurangi konsumsi minum minuman beralkohol

Ada baiknya mengurangi untuk mengkonsumsi alkohol, lebih baik lagi berhenti minum minuman yang beralkohol. Ada penelitian yang mengatakan bahwa minum sedikit alkohol bisa menyehatkan jantung Anda, tapi minum terlalu banyak akan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar lemak dan gagal jantung.

  1. Hindari kebiasaan merokok

Jika anda seorang perokok aktif maka mulailah berhenti saaat ini juga, merokok merupakan hal paling dasar yang dapat anda lalukan untuk mendapat jantung sehat. Merokok merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung koroner. Selain itu, asap rokok juga dapat meningkatkan tingkat kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah.

  1. Tidur yang cukup dan berkualitas

Orang yang sering begadang akan lebih tinggi resiko terkena penyakit kardiovaskular, penyakit ini dikarenakan jantung dipaksakan berkerja terlalu lama seharian sampai larut malam. Kekurangan tidur akan membuat penumpukan kalsium dalam pembuluh darah ke jantung sehingga memicu serangan jantung dan stroke. Tidur dengan kualitas yang baik, dapat mengistirahatkan beberapa organ tubuh, yang telah berkerja terlalu keras dalam semua akivitas kita seharian,  kualitas tidur yang baik akan dapat memulikan organ tubuh segera fit kembali.

  1. Rutin periksa dan konsultasi dengan dokter

Rutin mengunjungi dokter dan berkonsultasi ini akan membuat kita dapat mengantisipasi serangan jantung, serta dapat mempermudah kita untuk menganalisa gejala jantung lebih cepat. Tekanan darah dan kadar kolesterol harus kita cek dan kontrol secara rutin untuk dapat memperkecil serangan jantung.

Sangat dianjurkan untuk membiasakan diri melakukan gaya hidup sehat. Dengan membiasakan hidup sehat akan memiliki jantung yang sehat serta aliran darah dalam tubuh bisa terdistribusi dengan baik, aktivitas didalam tubuh bisa terus berjalan dengan normal dan tubuh akan tetap sehat. Oleh karena itu kunci jantung yang sehat berada pada gaya hidup kita yang sehat pula.(JF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here