BERBAGI
@ditmawa.unp.ac.id

Inspirasijatim.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia telah mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk Beasiswa Unggulan 2024, yang memberikan kesempatan besar bagi masyarakat berprestasi untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari jenjang S1 hingga S3. Beasiswa ini menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendukung putra-putri terbaik bangsa dalam mengejar pendidikan tinggi.

Dalam pengumuman resminya, Kemendikbud menegaskan bahwa pendaftaran telah resmi dibuka mulai tanggal 1 Juli ini. Beasiswa Unggulan ini ditujukan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang mencemerlang, serta memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan.

Proses pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui portal resmi yang telah disediakan oleh Kemendikbud. Para calon penerima diharapkan untuk mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan serta memenuhi semua persyaratan yang telah ditentukan.

Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024 ini menunjukkan komitmen pemerintah Indonesia dalam mendukung akses pendidikan tinggi bagi generasi penerus bangsa yang berpotensi dan berprestasi. Bagi mereka yang berminat, segera manfaatkan kesempatan ini untuk mengambil langkah pertama menuju masa depan yang lebih cerah dan berpendidikan tinggi.Berikut informasi lengkap mengenai Beasiswa Unggulan 2024 mulai dari jadwal, link mendaftar hingga persyaratannya.

Jadwal Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2024
Ada beberapa tanggal penting yang wajib dicatat bagi pelamar Beasiswa Unggulan. Mulai dari jadwal pendaftaran, pengumuman hingga penandatanganan kontrak. Berikut ini rincian jadwal lengkapnya:

– Pendaftaran: 1-14 Juli 2024
– Seleksi Tahap 1: 15 Juli-4 Agustus 2024
– Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1: 9 Agustus 2024
– Seleksi Tahap II: 12 Agustus-31 Agustus 2024
– Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II: 10 September 2024
– Pembekalan dan Penjelasan Teknis Penandatangan Kontrak: September 2024

Link dan Cara Daftar Beasiswa Unggulan

Proses pendaftaran Beasiswa Unggulan dilakukan pada laman yang sudah disiapkan Kemendikbud yakni https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/. Adapun tata cara pendaftarannya sebagai berikut:

1. Kunjungi laman Beasiswa Unggulan Kemendikbud.
2. Pilih menu “Pendaftaran”
3. Klik “Daftar di Sini”
4. Isi formulir pendaftaran mulai dari NIK, nama, email, password, dan tanggal lahir.
5. Klik “Simpan”
6. Jika ada keterangan “Berhasil” berarti akun sudah terdaftar. Silahkan cek email untuk melakukan verifikasi akun dengan mengklik “Konfirmasi Akun”.
7. Setelah email berhasil terkonfirmasi, lakukan login dengan mengisi username berupa email/NIK dan password.
8. Akan muncul halaman utama Beasiswa Unggulan. Cari menu “Pengajuan Beasiswa” klik “Tambah Pengajuan”
9. Untuk mengajukan usulan beasiswa pilih program beasiswa dan strata beasiswa, lalu kemudian mengisi status mahasiswa, tahun mulai perkuliahan, negara tujuan, universitas tujuan, program studi tujuan, dan status difabel. Setelah semua isian sudah terisi, klik tombol Simpan.
10. Isi semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat usulan mulai dari menu Biodata Mahasiswa sampai menu Sertifikat Kompetensi.
11. Setiap perubahan yang disimpan akan tersimpan sebagai Draft dan masih bisa diubah kembali.
12. Bisa menekan tombol lanjut untuk melanjutkan isian yang belum diisi semua atau bisa juga menghapus usulan beasiswa yang berstatus Draft jika ingin menghapus usulan beasiswa.
13. Jika semua form sudah terisi, masuk ke menu “Konfirmasi Berkas”.
14. Kemudian periksa kembali isian dengan seksama sebelum menekan tombol “Ajukan Berkas Beasiswa” karena data tidak dapat diubah kembali jika telah di submit.
15. Jika sudah yakin semua benar, maka klik “Ajukan Berkas Beasiswa”. Proses pendaftaran sudah selesai.

Persyaratan Beasiswa Unggulan 2024
1. Persyaratan Umum

– Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/non akademik tingkat internasional dan/atau nasional.
– Mendapatkan rekomendasi minimal dari guru bimbingan konseling di sekolah asal bagi pendaftar jenjang S1, dan dari pimpinan perguruan tinggi asal atau pembimbing akademik/skripsi/tesis untuk pendaftar jenjang S2 dan S3.
– Tidak sedang mendaftar dan/atau menerima beasiswa dari pihak manapun termasuk APBN/APBD dengan komponen pembiayaan yang sama.
– Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama.
– Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B/Baik Sekali dan pada program studi terakreditasi paling rendah B/Baik Sekali, serta masuk dalam daftar Perguruan Tinggi tujuan Beasiswa Unggulan (sebagaimana daftar terlampir) atau di perguruan tinggi di luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.
– Tidak berstatus sebagai dosen, guru, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya.
– Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak untuk kelas sebagai berikut:

a. Kelas Eksekutif
b. Kelas Khusus
c. Kelas Karyawan
d. Kelas Jarak Jauh
e. Kelas Internasional (bagi pendaftar tujuan studi dalam negeri)
f. Kelas yang diselenggarakan di lebih dari satu negara perguruan tinggi.
– Berkomitmen untuk mempertahankan indeks prestasi semester (IPS) minimal 3,00 pada program sarjana (S-1), atau IPS minimal 3,25 pada program magister (S2) dan doktor (S-3) selama menjadi penerima Beasiswa Unggulan.

2. Persyaratan Khusus Program Sarjana (S1)
a. Lulusan pendidikan menengah yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
b. Memiliki surat penerimaan/keterangan lulus/letter of acceptance (LoA) unconditional dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru.
c. Memiliki surat keterangan aktif kuliah minimal dari dekan fakultas perguruan tinggi untuk mahasiswa on-going.
d. Bagi mahasiswa on-going program sarjana (S1), yang sudah memulai perkuliahan maksimal sedang berada di semester 3 atau memiliki bukti KHS maksimal semester 2 dan memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,25 pada skala 4.
e. memiliki kemampuan bahasa Indonesia, dibuktikan dengan sertifikat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kemendikbudristek, untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan ketentuan sebagai berikut:
– Paket UKBI yang diambil adalah Paket 1;
– Predikat sekurang-kurangnya Madya (skor 482-577)
f. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dari lembaga resmi yang dibuktikan dengan sertifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri dengan skor minimal; ITP/PBT: 500, PTE Academic: 34, IBT: 52, IELTS: 5.0.
g. Membuat esai dalam bahasa Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:
– judul/tema esai adalah “Karya Hebatku untuk Kemajuan Indonesia”
– Esai ditulis pada kolom esai paling sedikit 1.000 kata dan paling banyak 1.500 kata.
– Esai berisi deskripsi diri, deskripsi tentang karya yang pernah dihasilkan, karya hebat yang akan dihasilkan setelah menyelesaikan studi, dan bagaimana karya hebat yang akan dihasilkan tersebut dapat berguna bagi kemajuan Indonesia.

3. Persyaratan Khusus Program S2
a. Belum memasuki usia 32 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran bagi mahasiswa baru atau belum memasuki usia 33 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan.
b. Memiliki surat penerimaan/keterangan lulus/letter of acceptance (LoA unconditional dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru dan sudah harus memulai perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025 (tidak diperkenankan untuk menunda perkuliahan atau tidak diperkenankan untuk mengikuti matrikulasi).
c. Memiliki surat keterangan aktif kuliah minimal dari dekan fakultas/direktur pascasarjana perguruan tinggi bagi mahasiswa on going.
d. Bagi mahasiswa on-going program magister (S2), yang sudah memulai perkuliahan maksimal sedang berada di semester 3 atau memiliki bukti KHS maksimal semester 2 dan memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,25 pada skala 4.
e. Memiliki nilai IPK S1 paling rendah 3,25 pada skala 4.
f. Memiliki kemampuan bahasa Indonesia, dibuktikan dengan sertifikat UKBI yang diterbitkan oleh Badan Bahasa, Kemendikbudristek, untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan ketentuan sebagai berikut:
– Paket UKBI yang diambil adalah Paket 1.
– Predikat sekurang-kurangnya Unggul (skor 578-640).
g. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dari lembaga resmi yang dibuktikan dengan sertifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri
dengan skor minimal; ITP/PBT: 550, PTE Academic: 58, IBT: 80, IELTS: 6.5.
h. Memiliki rencana studi dengan ketentuan berikut:
– Memuat gambaran tentang alasan memilih bidang/prodi
– Topik yang akan ditulis dalam tesis
– Rencana studi dari awal semester hingga selesai
– Dokumen rencana studi diunggah pada kolom yang tersedia di sistem.
i. Membuat esai dalam bahasa Indonesia dengan ketentuan sebagai
berikut:
– Judul/tema esai adalah “Karya Hebatku untuk Kemajuan Indonesia”.
– Esai ditulis pada kolom esai paling sedikit 1.500 kata dan paling
banyak 2.000 kata.
– Esai berisi deskripsi diri, deskripsi tentang karya yang pernah dihasilkan, karya hebat yang akan dihasilkan setelah menyelesaikan studi, dan bagaimana karya hebat yang akan dihasilkan tersebut dapat berguna bagi kemajuan Indonesia.

4. Persyaratan Khusus Program S3
a. Belum memasuki usia 46 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran bagi mahasiswa baru atau belum memasuki usia 47 tahun untuk yang sedang menempuh perkuliahan.
b. Memiliki surat penerimaan/keterangan lulus/letter of acceptance (LoA) unconditional dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru dan sudah harus memulai perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025 (tidak diperkenankan untuk menunda perkuliahan atau tidak diperkenankan untuk mengikuti matrikulasi).
c. Memiliki surat keterangan aktif kuliah minimal dari dekan fakultas/direktur pascasarjana perguruan tinggi bagi mahasiswa on going bagi mahasiswa on-going program doktor (S3) yang sudah memulai perkuliahan maksimal sedang berada di semester 3 atau memiliki bukti KHS maksimal semester 2 dan memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,40 pada skala 4; memiliki nilai IPK S2 paling rendah 3,40 pada skala 4.
d. Memiliki kemampuan bahasa Indonesia yang dibuktikan dengan sertifikat UKBI yang diterbitkan oleh Badan Bahasa, Kemendikbudristek, untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dengan ketentuan sebagai berikut:
– Paket UKBI yang diambil adalah Paket 1
– Predikat sekurang-kurangnya Unggul (skor 578-640)
e. Memiliki kemampuan bahasa Inggris dari lembaga resmi yang dibuktikan dengan sertifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri dengan skor minimal; ITP/PBT: 550, PTE Academic: 58, IBT: 80, IELTS: 6.5.
f. Memiliki proposal penelitian disertasi dengan ketentuan sebagai berikut:
– Proposal sekurang-kurangnya memuat judul, latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan penelitian, metode, manfaat, simpulan dan saran, dan daftar pustaka.
– Dokumen proposal penelitian disertasi diunggah pada kolom yang tersedia di sistem.
g. Membuat esai dalam bahasa Indonesia dengan ketentuan sebagai berikut:
– Judul/tema esai adalah “Karya Hebatku untuk Kemajuan Indonesia”.
– Esai ditulis pada kolom esai paling sedikit 1.500 kata dan paling banyak 2.000 kata.
– Esai berisi deskripsi diri, deskripsi tentang karya yang pernah dihasilkan, karya hebat yang akan dihasilkan setelah menyelesaikan studi, dan bagaimana karya hebat yang akan dihasilkan tersebut dapat berguna bagi kemajuan Indonesia.

5. Kelengkapan Berkas
– Kartu Tanda Penduduk (KTP).
– Kartu Tanda Mahasiswa (khusus mahasiswa on-going).
– Surat Penerimaan/Keterangan lulus/LoA unconditional dari perguruan tinggi (khusus mahasiswa baru).
– Surat keterangan aktif kuliah yang diterbitkan oleh perguruan tinggi (khusus mahasiswa on-going).
– Kartu hasil studi (KHS) semester 1 dan 2 (khusus mahasiswa on-going).
– Ijazah dan transkrip nilai terakhir.
– Sertifikat UKBI untuk tujuan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri yang diterbitkan oleh Badan Bahasa, Kemendikbudristek.
– Sertifikat bahasa Inggris untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri.
– Rencana studi bagi program magister.
– Proposal penelitian disertasi bagi program doktor.
– Surat rekomendasi dari akademisi atau institusi terkait.
– Surat pernyataan pendaftar Beasiswa Unggulan.
– Sertifikat prestasi dan kompetensi.

Itulah informasi mengenai beasiswa unggulan 2024 yang dibuka mulai 1 Juli untuk jenjang S1, S2 dan S3. Segera daftarkan diri Anda!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here