BERBAGI

Surabaya – Sebagai bagian dari insan cendekiawan, kehadiran mahasiswa menjadi harapan besar bagi perkembangan arus bawah masyarakat.  Tidak sedikit, saat program Kuliah Kerja Nyata (KKN) kehadiran mahasiswa seringkali menjadi inspirasi masyarakat sekitar.

Seperti yang dilakukan mahasiswa KKN A dari Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya. Mereka hadir ditengah warga Kelurahan Rungkut Tengah tidak hanya sebatas menyelesaikan tugas kuliah sebelum lulus dan menjadi sarjana.

Ketua Kelompok KKN A, Rifky Aji mengatakan, kedatangan mereka demi memberikan andil dan peran nyata, khususnya bagi permasalahan yang sering dialami warga sekitar. Salah satunya soal Pinjaman Online (Pinjol).

“Kami seringkali mendapat keluhan banyak yang terjerat pinjol. Oleh karenanya edukasi kepada masyarakat terkait pinjol ini. Apalagi aplikasi yang digunakan nantinya ilegal, itu harus dihindari,” kata Aji, Sabtu (25/5/2024).

Tidak hanya itu, titik giat yang juga menjadi antensi mereka untuk warga di lingkungan KKN nya, yakni pemberdayaan ekonomi kreatif seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka mengawali dengan pemberian pendampingan agar produk UMKM yang ada layak jual, karena telah memenuhi standarisasi ASUH ( Aman, Sehat, Utuh dam Halal).

KKN yang dibimbing olehAbdus Sair, S.Sos.,M.Sosio ini menindak lanjutinya dengan metode pemasaran dengan potensi penjualan yang baik. Hal tersebut tentunya memanfaatkan fasilitas internet yang ada.

“Apapun yang ada dan bisa dimanfaatkan harus digunakan. Seperti penggunaan internet dan media sosial yang bijak misalnya, bagaimana cara mengaplikasikan dan berjualan di media sosial juga kita berikan pendampingan. Meski masih belum maksimal setidaknya mereka tau dasar penggunaannya seperti apa,” ujarnya.

“Selain itu semua, kita juga memberikan pendampingan agar pelaku UMKM bisa mendaftarkan produknya ke HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dengan harapan tidak ada klaim dari orang lain terkait produk yang buat,” kata dia.

Disisi lain, Ketua RW 04 Kelurahan Rungkut Tengah Suwarno mengaku senang dengan mahasiswa KKN UWK Surabaya ini. Kehadiran mereka bisa dirasakan bahkan dengan jangka waktu yang panjang.

“Alhamdulillah, adek-adek KKN ini mengedukasi warga di RW 04. Dengan begini akhirnya mendapatkan banyak pengetahuan, bagaimana agar lebih kreatif kedepannya,” kata Suwarno.

Diketahui, KKN A UWK Surabaya ini digelar pada bulan April hingga Mei 2024 lalu. Banyak kegiatan yang mereka lakukan selain penyuluhan kepada masyarakat. Dari lomba anak-anak hingga rutinitas senam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here