Beranda Gaya Hidup Kenapa Manusia Perlu Bernafas? Ini Alasanya..

Kenapa Manusia Perlu Bernafas? Ini Alasanya..

3087
0
BERBAGI
Ilustrasi Bernafas

Inspirasijatim.com – Kenapa sih manusia perlu bernapas? Karena dengan bernapas manusia bisa melakukan metabolisme dan dengan bernapas organ-organ dalam tubuh manusia bisa bekerja secara maksimal, kebayangkan seberapa penting bernafas bagi manusia.

Dampak yang terjadi jika kita tidak bernafas? Tubuh kita yang dirancang menghasikan karbondioksida akan terus menghasilkan gas ini. Terjadilah penumpukan karbondioksida pada darah. Hal ini menganggu proses oksidasi biologis dalam tubuh sehingga tubuh menjadi tidak normal dan lemas karena tidak mendapat energi dari makanan.

Berapa jumlah oksigen yang harus kita hirup dalam sehari? Manusia dalam sehari menghirup udara sekitar 2880 kg Oksigen . Orang sehat rata- rata 53 liter Oksigen per jam , Tingkatan penafasan adalah 12 nafas perh menit jadi sekitar 4.200 ml/ menit.

Jumlah oksigen dalam di udara bebas hanya sekitar 21 % , dan untuk pernafasan konsumsi oksigen adalah sekitar 53L bayangkan saja gans sedikit banget kan? Oksigen bisa dihasilkan dari proses pernafasan tumbuhan melalui daun , sekitar  5 ml / jam . Jika rata – rata daun yang ada pada tumbuhan adalah 3000 maka produksi oksigen dari tumbuhan hanya 15 L/tanaman/ jam  dan kebutuhan manusia 53 L/ jam.

Maka dari perhitungan ini maka 3 – 4 tanaman hanya mampu menopang kebutuhan hidup dalam 1 jam. Nah kalau sudah tahu gini ayo hidup dengan pola goo green ,  kita lihat kembali lingkungan kita dan ayo kita lawan penebangan liar dan jangan lupa tambah lagi tanaman di sekitar kita.

Kenapa harus dengan oksigen dan karbondioksida? Padahal kedua duanya sama sama udara. Seperti halnya cinta. Cinta pada sang pembuat semesta (ALLAH) contohnya. Nggak mungkin kan kalau kalian cukup meyakini dalam hati tanpa mengungkapkannya dengan cara menjalankan semua perintahNya. Padahal yakin saja sudah dihitung pahala sama ALLAH SWT. [AS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here