BERBAGI
Ilustrasi

Oleh: ZEZE

Indonesia terkenal dengan bangsanya yang mempunyai sikap ramah tamah. Bahkan hal tersebut banyak diakui oleh bangsa asing. Tentunya hal tersebut menjadi value yang positif bagi Indonesia terlebih untuk menarik wisatawan asing ke Indonesia. Budaya tersebut yang akhirnya menjadikan kebiasaan dari kita untuk mengganggap wajar jika ada seseorang yang bersikap tidak enakan.

Sikap tidak enakan bisa diartikan sebuah perasaan khawatir mengecewakan, melukai atau merasa dianggap tidak sesuai dengan nilai-niai atau pemikiran orang lain. Pada hakekatnya kita tidak akan benar-benar bisa menjadi seseorang yang sesuai dengan kemauan banyak orang. Dan mungkin ini yang belum bisa disadari oleh kita semua. Pendapat orang lain seakan-akan menjadi sebuah dogma yang harus kita ikuti.

Padahal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa hidup sesuai dengan keinginan dan kebahagiaan diri kita sendiri. Disinilah pentingnya kita mengenal dan mencintai diri kita sebaik mungkin. Kita harus tau apa yang kita sukai dan tidak sukai. Hal apa yang membuat kita merasa bosan, malas, kecewa, marah, stress, atau sekedar terbebani secara emosional. Serta hal apa juga yang membuat kita semangat, senang dan bahagia. Tentunya, setiap orang tidak akan sama.

Maka dari itu, jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dan pemikiran kita. Kemudian ada orang yang mencoba mendikte kita untuk mengikuti apa yang dia mau. Tentu yang harus kita lakukan adalah “berkata tidak”. Mungkin ini juga tidak mudah untuk dilakukan, karena sudah menjadi kebiasaan kita yang selalu bilang “iya” dengan alasan merasa tidak enak dengan orang tersebut.

Namun yang harus kita pahami adalah bagaimana kemauan dari hati dan pemikiran diri kita sendiri. “Berkata tidak” tidak melulu menjadi tidak baik, tapi “berkata tidak” adalah bagian dari cara kita untuk mencintai diri kita sendiri. Kita tau apa yang diinginkan oleh diri dan jiwa kita. Contoh sederhana: teman kita mengajak kita hangout pada hari Minggu, padahal hari Minggu kita ingin beristirahat saja di rumah karena senin harus bekerja. Tentu kita harus mendahulukan apa yang menjadi keinginan atau prioritas diri kita. Bukan berarti kita menjadi egois karena mengabaikan ajakan teman kita. Tapi kita peduli dengan tubuh kita, pikiran kita dan jiwa kita. Self Love is important for our mental health!

***

ZEZE is a counselor and a content creator on Youtube Channel: Ze-Wang Official.

Contact Person for counseling: +6281938001188 (No Call, WhatsApp Only)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here