BERBAGI
Presiden pertama Indonesia Ir Soekarno/@gramedia.com

Inspirasijatim.com – Hari ini, Jumat 21 Juni 2024, diperingati sebagai hari yang bersejarah untuk mengenang Bung Karno, salah satu tokoh penting dalam sejarah Indonesia. Tepat 54 tahun yang lalu, pada tanggal 21 Juni 1970, Indonesia berduka atas wafatnya Sang Proklamator Kemerdekaan, Ir Soekarno.


Sebagai proklamator kemerdekaan Indonesia dan presiden pertama negara ini, Bung Karno dikenal karena perannya sebagai pemimpin yang tegas dan bertanggungjawab. Ia berhasil memimpin perjuangan rakyat Indonesia menuju kemerdekaan dari penjajahan.

Peringatan haul tokoh nasional yang akrab disapa Bung Karno, hari ini menjadi pengingat akan jasa-jasanya yang tak ternilai dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membangun bangsa Indonesia.
Berikut peninggalan dari Sang Proklamator Negara Kesatuan Republik Indonesia:

Peninggalan Barang Pribadi Ir. Soekarno

Berpulangnya sosok yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia ini meninggalkan banyak peninggalan barang bersejarah dalam perjuangannya bagi Bangsa Indonesia. Hingga saat ini kalian dapat melihat barang-barang peninggalan Ir. Soekarno berikut ini di beberapa museum terkenal di Indonesia:

1. Peci Hitam

Dalam dokumen sejarah kita pasti sudah tidak asing dengan Soekarno yang selalu mengenakan Peci hitam. Barang ini bahkan sudah menjadi ciri khas dari Bung Karno. Sampai sekarang kita juga masih bisa menemukan banyak prang yang masih menggunakan peci hitam ini. Bahkan hampir jarang sekali melihat soekarno terlihat tanpa peci hitamnya saat itu.

2. Wesi Kuning

Wesi kuning atau besi kuning milik Soekarno berbentuk seperti gada milik Minak Jinggo. Barang ini dianggap memiliki kekuatan supranatural bagi Soekarno.

3. Tongkat Komando

Tongkat komando yang terbuat dari kayu asal pegunungan Kalak, Ponorogo, Jawa Timur ini tidak pernah lepas atau ditinggalkan Soekarno. Bahkan sampai kunjungannya ke luar negeri, tongkat ini tetap dibawa oleh Soekarno. Tongkat ini sudah menjadi barang yang wajib Soekarno untuk dibawa ke mana saja

4. Keris Peninggalan Perang Puputan

Soekarno sangat gemar mengoleksi berbagai macam keris, salah satu koleksinya yakni keris perang puputan yang sangat terkenal. Keris ini bahkan banyak dipercaya orang membuat Soekarno menjadi presiden Indonesia.

5. Tongkat Monyet

Tongkat monyet yang dimiliki Ir. Soekarno didapatkan saat dirinya berada di pengasingan Belanda. Soekarno sering membawa tongkat tersebut dalam aktivitasnya sehari-hari.

6. Jas Putih

Jas putih adalah pakaian yang sering dikenakan oleh Soekarno di beberapa acara kebangsaan di dalam negeri atau luar negeri. Bahkan barang ini sudah menjadi identitas unik Sang Proklamator. Jas Putih ini dapat membuat penampilan Soekarno semakin berwibawa dan membawa aura yang positif bagi dirinya.

7. Ajian Lembu Sekilan

Barang milik Soekarno ini konon merupakan ajian Patih Gajah Mada yang memiliki kesaktian untuk menjaga keselamatan Soekarno.

8. Keris Kehilangan Tubuh

Keris sakti yang dikenal dimiliki oleh Jenderal Soedirman ini ternyata juga dimiliki oleh Soekarno. Keris ini juga dianggap memiliki kekuatan supranatural tertentu bagi Soekarno di masa hidupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here