BERBAGI
Gus Halim saat makan bersama Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jatim KH Muhsin Ghozali

Inspirasijatim.com – Dari sekian menteri yang menjadi pembantu presiden Jokowi, ada satu menteri yang memiliki kebiasaan unik. Adalah Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa dan PDTT ini sering mengunjungi warung langganannya di Jawa Timur yang terkesan tidak elit saat pulang ke rumah kediamannya di Surabaya.

Kebiasaan unik ini rupanya tidak pernah hilang meski posisinya saat ini menjadi orang kepercayaan presiden di Kabinet Kerja Jilid II untuk mengurus republik ini. Bahkan, pria kelahiran Jombang tersebut dikenal sebagai sosok yang low profile.

Tidak seperti kebanyakan pejabat negara yang memilih untuk menikmati warung makan di tempat yang mewah dan jauh dari kata kumuh. Gus Halim, sapaan akrabnya, memilih untuk menikmatinya di warung semi permanen.

Salah satu warung langganannya terletak di utara masjid Agung Al Akbar Surabaya. Warung yang berada di seberang jalan Masjid Agung Al Akbar tersebut merupakan warung semi permanen yang berjejer-jejer dan menjadi langganannya sejak menetap di Surabaya menjadi wakil rakyat di Provinsi Jawa Timur.

Hal ini dipertegas oleh penuturan salah satu Asisten Pribadi Menteri Waliyul Hakim bahwa warung tersebut merupakan tempat makan pertama kali yang dijajaki oleh Gus Halim bersama keluarga.

“Warung itu tempat makan malam sejak pertama kali jadi DPRD Provinsi langganan pak mentri bersama keluarga,” tutur Hakim.

Tak ayal, penampilannya yang bersahaja merupakan bawaan dirinya sejak awal dan menjadi ciri khasnya hingga saat ini.

Warung yang hanya ditutup terpal dan kain sebagai pembatas diantara warung sebelahnya tidak menjadi halangan bagi Gus Halim untuk menikmati santap malamnya seperti lele, terong, welut dan sambel tahu tempe dan krupuk. Tak lupa, teh hangat menjadi minuman favoritnya setelah menikmati menu tersebut.

Terkait kebiasaannya tersebut, Ketua DPW PKB Jatim ini pernah mengapologikannya dengan perumpamaan kerinduan seseorang terhadap asal muasalnya.

“Setinggi apapun dan dimanapun seseorang pasti akan balik dan rindu ke asalnya. Contohnya makanan warung ini,” ungkapnya kala itu saat ditemani makan di warung langganannya bersama Ketua Dewan Syuro DPW PKB Jatim KH. Muhsin Ghozali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here