Beranda Gaya Hidup Ubah Kebiasaan Lama, Mulailah Harimu dengan Sarapan

Ubah Kebiasaan Lama, Mulailah Harimu dengan Sarapan

861
0
BERBAGI
food art (foto: satuharapan)

inspirasijatim.com – Banyak kalangan di Indonesia yang pagi hari jarang sekali makan sarapan. Coba ubah kebiasaan lama tersebut. Dengan sarapan sebelum beraktifitas, tubuh menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi seabrek aktivitas sehari-hari. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengisi perut dengan mengonsumsi menu sarapan sehat.

Berdasarkan penelitian, produktivitas orang yang telah makan pagi di rumah ataupun belum sarapan sangatlah berbeda. Mereka yang makan menu sarapan pagi sehat dan bergizi menunjukan kinerja yang lebih baik. Mereka yang sudah makan menu sarapan sehat lebih bisa fokus dan berprestasi di sekolah. Baik dalam bidang akademik ataupun sosial.

Hal ini didapat karena mereka mendapatkan energi yang cukup untuk kebutuhan aktivitas mereka dan lebih bisa berkonsentrasi. Selain itu makan dengan menu sarapan pagi sehat dan bergizi juga berfungsi untuk mengembalikan metabolisme tubuh kita, bahkan sangat bagus sekali untuk program diet sebab setelah sarapan sehat dan bergizi akan menghindarkan kita dari memakan camilan.

pernyataan dari dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Fiastuti Witjaksono, sarapan sehat merupakan salah satu dari tahapan makan tiga kali sehari, maka dari itu sarapan pagi seharusnya dapat memenuhi sebanyak 25 sampai 30% dari total angka kebutuhan gizi (AKG) yang diperlukan setiap harinya. Dalam satu porsi sarapan, zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin yang didapat dari buah dan sayur harus terpenuhi dengan baik.

Contoh makanan yang sehat dan bergizi, cocok disajikan di menu sarapan untuk keluarga anda dirumah.

  1. Menu Sarapan Telur Orak Arik Sayuran
  2. Omelet sosis sayur wortel
  3. Rolade Tahu Sayuran
  4. Roti bakar isi telur dan sosis serta sayuran
  5. Baked Potato Kentang Panggang Keju
  6. Pancake buah buahan
  7. Sate Tempe isi Ayam dan Sayuran
  8. Nasi goreng sayur
  9. Nasi bakar sayur
  10. Bubur ayam
  11. Jangan lupa tambahkan jus buah atau susu sugar untuk pelengkap.

Selain berbagai menu sarapan pagi diatas, sebenarnya masih banyak lagi menu sarapan yang bisa kita buat sendiri sederhana tidak repot dan tentunya penuh gizi. Jadi mulailah harimu dengan sarapan yang sehat dan bergizi mulai sekarang. Sebab mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari gaya hidup sehat.[JF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here