BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: worldartsme)

Inspirasijatim.com –  Sepeda motor sekarang ini disebut raja jalanan karena lebih banyak mendominasi jalan raya. Sepeda motor sudah seperti kaki bagi para pemiliknya dipergunakan untuk keperluan sehari-hari. Terkadang seseorang  lalai memperhatikan motor karena kesibukan akan kegiatan masing-masing orang.

Oleh sebab itu, perawatan kendaraan seperti sepeda motor tetap harus dilakukan, maka perlu anda meluangkanlah sedikit waktu Anda untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan. Berikut tips merawat mesin sepeda motor agar awet dan tetap terjaga performanya.

Ganti Oli Mesin Secara Teratur

Yang harus diperhatikan adalah kapan waktu mengganti oli motor yang tepat. Hal seperti ini biasanya telah disertakan pada keterangan di kemasan oli yang Anda beli. Terlambat mengganti oli saat melebihi batas kilometer pemakaian dapat berdampak tidak baik bagi mesin motor, oli akan encer dan mesin akan mudah panas serta dibarengi konsumsi bahan bakar yang semakin banyak.

Rutin Melakukan Tune Up

Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores. Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu. Untuk itu harus dilakukan penyetelan ulang dengan tune up ke bengkel.

Rutin Cek Part – Part Pada Motor

Sebagai pengganti kaki manusia motor mempunyai part yang sangat penting untuk kenyamanan pengendara. Antara lain yang perlu di perhatikan, tekanan angin roda, ketebalan gulir roda, rantai atau fan belt motor, kampas rem, busi motor, kopling dan lain sebagainya, apa bila sudah aus perlulah part motor segera diganti atau diperbaiki guna kenyamanan dan keamanan berkendara.

Panaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor terlebih dulu sebelum motor dipakai, jika sebelumnya motor tidak dipakai selama 8 Jam atau lebih. Motor yang cukup lama tidak digunakan maka olinya akan turun lagi dari bagian-bagian mesin yang rumit dan mengumpul kembali di bak oli. Pemanasan mesin ini bertujuan agar oli kembali lagi mengaliri bagian-bagian mesin yang perlu untuk dilumasi.

Rutin Mencuci Motor

Rajin mencuci motor anda dapat membuat tampilan motor tetap nyaman dipandang, serta  dengan mencuci motor agar tidak cepat berkarat dan keropos. Apalagi jika habis dipakai terkena hujan. Dengan mencuci motor dapat membuat cat motor awet, sebab dengan adanya debu dan kotoran dapat membuat cat motor mudah terkena goresan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here