BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: balitapedia)

Inspirasijatim.com – Perkembangan berbicara setiap anak tentunya berbeda. Ada sebagian anak yang mengalami perkembangan bicara sangat cepat, namun ada juga sebagain lain yang mengalami perkembangan lebih lambat dan membutuhkan stimulasi berulang-ulang agar anak mampu bicara.

Melatih bayi belajar bicara sejak dini akan melatih dan membantu tingkat komunikasi serta interaksi sosial dengan lingkungannya. Apa yang kita katakan, akan disimpan dalam memori dan suatu saat akan meniru apa yang dia dengar, baik yang dia dengar dari orang tua ataupun oleh orang lain di sekitarnya.

Komunikasi adalah salah satu aspek kecerdasan wajib yang dimiliki setiap anak, melalui komunikasi ini anak akan memperluas kosa kata dan mengembangkan daya penerimaan serta daya ingat. Sebagai orangtua pasti akan merasakan khawatir jika si Kecil yang tercinta mengalami keterlambatan berkomunikasi atau berbicara.

  1. Ajaklah bayi untuk berkomunikasi

Sejak bayi, orangtua harus sudah mulai senang mengajak si kecil berinteraksi dan berbicara kapanpun dan dimanapun. Walaupun mereka sepertinya belum mengerti, tapi kata-kata terse­but akan diingatnya dan masuk kedalam memorinya.

  1. Membacakan cerita

Cara melatih bayi cepat bicara juga bisa dengan menceritakan cerita, contohnya cerita legenda, kisah-kisah nabi dan sahabatnya, cerita hewan dan sebagainya. Disaat membacakan dongeng, baiknya jangan terlalu cepat, bacakan dengan perlahan dan sertai ekspresi untuk menarik perhatian bayi.

  1. Ajak bayi untuk bernyayi

Bayi memiliki kepekaan bawaan untuk alunan musik bahkan saat dikandungan bayi sudah mempunyai kepekaan terhadap musik. Dengan musik akan juga merangsang kecerdasan sang bayi dalam pemahaman kata-kata, melodi dan alunan nada akan lebih mempermudah daya serap bayi daripada kata-kata biasa yang diucapkan.

  1. Berikan kesempatan bayi untuk merespon

Berikan bayi kesempatan untuk bisa mengungkapkan apa yang ingin dia katakan. Jika bayi mau berusaha, anda akan melihat usahanya untuk dapat mengatakan sesuatu meski dalam bentuk ocehan. Namun ingat selalu untuk memberikan stimulus yang berulang serta mulailah menata atau membenarkan kata yang keluar dari omongan bayi.

  1. Ajak anak untuk bersosialisasi dengan orang sekitarnya

Mengajak bayi bersosialisasi juga bisa menjadi cara melatih bayi cepat berbicara, misalnya saat kumpul bersama keluarga atau tetangga. Ikut sertakan ia untuk bermain dengan teman-teman sebayanya. Dengan cara ini tidak hanya berguna melatih kemampuan berbicara bayi, tetapi juga bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri si kecil. Sehingga nantinya ia bisa tumbuh menjadi sosok yang periang serta tidak menjadi anak pemalu.

  1. Tidak lupa berikan pujian terhadap anak

Ketika anak berhasil menyebutkan sebuah kata dari mulutnya. Meskipun itu hanya kata yang sederhana sempatkanlah untuk memberikan pujian kepada anak. Dengan cara ini bakal membuat anak kita semakin termotivasi dan merasa dihargai sehingga dia ingin berusaha untuk mengeluarkan kosa kata lain.

  1. Berikan asupan nutrisi yang cukup

Pemberian asupan nutrisi yang tepat juga mempengaruhi kecepatan perkembangan syaraf motorik dan sensorik si kecil. Berikan asupan sesuai dengan umur tumbuh kembang anak, apabila tumbuh kembang anak dirasa cukup dan bisa diberikan makanan pendukung, berikanlah makanan pendukung yang kaya gizi untuk mempercepat daya kembang si anak.

Demikianlah beberapa cara melatih bayi cepat berbicara yang bisa di praktekkan di rumah. Cara diatas diharapkan dapat membantu para orangtua untuk dapat memaksimalkan tumbuh kembang anak.[JF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here