BERBAGI
Kabupaten Nganjuk

Surabaya, Inspirasijatim.com – Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki sejuta wisata alam yang indah. Wisata alam ini menjadi salah satu potensi suatu tempat untuk meningkatkan dan mengembangkan wisata di Indonesia. Satu dari sekian banyak wisata di Indonesia yang sering dikunjungi banyak wisatawan ketika libur panjang atau menikmati week end yaitu objek wisata Nganjuk dan sekitarnya. Nganjuk merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur. Kota yang terkenal dengan nama seribu angin ini menyimpan fenomena wisata alam yang wajib dikunjungi.

Memasuki waktu week end beberapa hari lagi, berlibur menjadi salah satu rencana yang bisa anda dan keluarga agendakan. Bagi yang sudah menyusun agenda liburan yang tidak menempuh waktu lama, Kabupaten Nganjuk bisa menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Pasalnya, Nganjuk menawarkan beragam pesona alam yang eksotis dan luar biasa, terutama air terjunnya. Nah, untuk menambah wawasan anda untuk berswawisata ke air terjun di Nganjuk, berikut ini kami jabarkan beberapa air terjun yang memiliki keindahan yang luar biasa dan asri.

  1. Air Terjun Singokromo

    Air Terjun Singokromo

Air terjun Singikromo terletak di desa Ngaliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Nama Singokromo sendiri berasal dari kata singo yang berarti “singa atau harimau” dan kromo yang berarti “kawin”. Air terjun singokromo berjarak sekitar 2,5 km ke arah selatan dari Kota Nganjuk atau sekitar 2 km di selatan Agro Wisata Ganter. Jalan masuk ke Air Terjun Singkoromo terletak di dekat pertigaan yang jalannya menanjak 500 m dari loket masuk ke Air Terjun Sedudo.

Kondisi jalan menuju ke Air Terjun SingoKromo sebagian belum diaspal, bahkan di beberapa bagian masih merupakan jalan setapak. Untuk sampai ke Air Terjun SingoKromo hanya dapat dicapai dengan kendaraan roda dua dan diperlukan sedikit ekstra tenaga karena kondisi medan yang masih alami. Bagi yang membawa kendaraan roda empat hanya sampai di tempat parkiran. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak lebih kurang 500 meter atau 15 menit hingga tiba dilokasi air terjun berada.  Namun apabila tidak ingin berjalan kaki, Anda juga bisa menggunakan jasa ojek yang banyak di temui di parkiran atau di depan jalan tanah setapak menuju ke air terjun. Biaya ojek ke Air Terjun SingoKromo sekitar Rp.10.000.

Air Terjun Singokromo

Air Terjun Singokromo memiliki ketinggian hanya sekitar 20 meter dengan debit air yang cukup besar. Kondisi Air Terjun Singokromo masih betul-betul alami. Air terjun ini terletak tidak jauh dari Air Terjun Sedudo lebih tepatnya di bawahnya, jaraknya lebih dekat dari pintu masuk loket obyek wisata.

  1. Air Terjun Sedudo

    Air Terjun Sedudo

Salah satu tempat jujukan selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah air terjun Sedudo. Bukan saja karena keindahan alamnya, namun Air Terjun Sedudo juga memiliki sejumlah misteri dan mitos yang semakin menambah daya tarik tempat ini. Kepopuleran dan keindahan Air Terjun Sedudo mengantarkan wisata andalan kota Nganjuk ini.

Secara administrasi Air Terjun Sedudo masuk dalam wilayah Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Kalau dari pusat kota Nganjuk, Air Terjun Sedudo berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dan melewati Kecamatan Berbek dan Sawahan. Air Terjun Sedudo berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan dengan ketinggian mencapai 105 meter. Karena sudah cukup populer, fasilitas yang dimiliki Air Terjun Sedudo sudah cukup baik dengan jalur yang mudah diakses.

Mitos yang tersebar di Air Terjun Sedudo tak lepas dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon kabarnya air terjun ini telah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air atau tirta suci yang mengalir dari kahyangan. Para raja, bangsawan, dan pendeta dari Majapahit kerap memanfaatkan air terjun tersebut untuk upacara ritual, baik itu memandikan arca maupun membersihkan senjata pusaka yang terkenal dengan nama upacara Parna Prahista. Nantinya sisa air tersebut dipercikkan kepada keluar kepada keluarga guna mendapat keberkahan, keselamatan, dan awet muda. Tradisi ini pun masih berlanjut hingga sekarang dan turin digelar oleh Pemkab Nganjuk dengan nama ritual Mandi Sedudo yang bisasanya diadakan pada tanggal 1 Suro di penanggalan Jawa. Air Terjun Sedudo juga menjadi tempat pertapaan salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Nganjuk, Ki Ageng Ngaliman.

Khasiat Air Terjun Sedudo yang bisa membuat awet muda memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mendatangi tempat ini. Karenanya setiap kali perayaan Mandi Sedudo yang rutin digelar pemerintah setempat senantiasa ramai dikunjungi wisatawan. Para wisatawan yang bertandang ke sana pun banyak yang bermain air di sekitar air terjun, meski hanya sekedar mencelupkan kaki ke kolam. Selain membuat awet muda, masih banyak lagi mitos yang beredar mengenai Air Terjun Sedudo. Salah satunya mengenai air terjun ini yang menjadi tempat pemandian para dewa yang bersemayam yang membuat airnya tidak pernah kering. Karenanya ada sejumlah aturan yang harus travelers perhatikan karena jika tidak, menurut masyarakat setempat, akan ada kejadian-kejadian tertentu yang membahayakan. Misalnya saja larangan untuk berbuat asusila, larangan untuk tidak membawa pulang benda-benda temuan, membawa pulang kembali sampah baik itu sampah makanan maupun bungkus sabun dan sampo, serta larangan untuk menjaga omongan serta tidak berkomentar negatif jika melihat sesuatu yang janggal.

upacara di air terjun Sedudo

Terlepas dari semua mitos tersebut, Air Terjun Sedudo memang tempat yang menarik untuk dikunjungi. Terutama saat libur akhir pekan, dimana anda bisa bersantai dan menikmati pemandangan hijau yang menyejukkan mata serta suasana yang segar agar tubuh dan pikiran juga bisa fresh kembali setelah penat dengan segala rutinitas. Fasilitas yang ada di Air Terjun Sedudo juga cukup lengkap, mulai dari ruang ganti, toilet, kolam untuk berendam dan berenang, hingga toko cinderamata.

  1. Air Terjun Sumbermanik

    Air Terjun Sumber Manik

Setelah mengulas tentang Air Terjun Sedudo, selanjutnya spot yang harus anda datangi adalah Air Terjun Sumbermanik. Air terjun Sumber Manik yang terletak di wilayah hutan Desa Klodan Kecamatan Ngetos ini baru ditemukan warga sekitar pada Januari 2016. Keindahan tidak hanya pada air terjun, tapi pemandangan di sekitar yang lokasinya tepat di lereng gunung Wilis menambah kesan alami air terjun Sumber Manik ini.

Air terjun yang bercabang dua ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter, dengan lebar 20 meter. Grojokan airnya menyelimuti bukit batu berbentuk bulat. Sekilas, air terjun ini memiliki kombinasi kontur yang dimiliki air terjun Roro Kuning dan air terjun Sedudo.

Tak sulit untuk menuju Desa Blongko, Kecamatan Ngetos. Dari Kecamatan Ngetos, jarak tempuh ke sana memakan waktu sekitar 45. Desa yang terletak paling dekat dengan lereng Gunung Wilis ini bersebelahan dengan Desa Klodan. Seperti desa lain yang ada di lereng gunung, wilayah mayoritas Desa Blongko berwujud perbukitan hutan pinus dengan sungai dan jurang di beberapa sisi.

Begitu tiba di Desa Blongko, rute selanjutnya akan terasa lebih menantang. Sebab, akses menuju air terjun diwarnai dengan jalan aspal yang mulai rusak. Saat menelusuri rute menuju Air Terjun Sumbermanik, tantangan mulai terasa selepas melewati jalan beraspal rusak sepanjang sekitar satu kilometer.

Dari sana, akses menuju air terjun adalah jalan terjal berbatu selebar sekitar dua meter dengan kondisi menanjak. Sehingga, pengendara sepeda motor rawan terjatuh atau tergelincir jika belum terbiasa dengan medan sekitar.

Begitu sukses melahap medan berbahaya, kita masih harus menguras fisik menuju air terjun setinggi 35 meter itu dengan berjalan kaki untuk menempuh jarak sekitar 500 meter. Perjalanan selama sekitar 30 menit tak begitu terasa karena pemandangan indah di sekelilingnya. Di sepanjang jalan banyak ditemui pemandangan pohon kepala setinggi lebih dari 10 meter.

Rute selanjutnya tak kalah menarik. Setelah melewati hamparan tanaman padi, kita harus melewati jalan setapak dan melintasi sungai kering sebelum menemukan sungai berbatu dengan aliran cukup deras yang oleh warga disebut Sungai Mundeng. Keberadaan sungai ini sekaligus jadi penanda jika air terjun sudah semakin dekat.

Kecantikan Air Terjun Sumbermanik semakin jelas terlihat dari jarak dekat. Air terjun yang ada di lereng bukit Punjul, Gunung Wilis ini berbeda dengan air terjun kebanyakan. Lebar aliran airnya sekitar 20 meter. Sehingga, saat dilihat dari dekat seolah air menyelimuti bukit batu nan indah itu.

Dengan karakternya yang unik ini, Air Terjun Sumbermanik seolah menjadi perpaduan antara Air Terjun Sedudo dengan Air Merambat Roro Kuning. Sebab, dari atas air seolah terlihat merambat di bebatuan. Kemudian, air yang terkumpul di cekungan itu terjun ke bawah dengan suara yang kencang seperti halnya air terjun Sedudo.

  1. Air Terjun Roro Kuning

    Air Terjun Roro Kuning

Spot selanjutnya yang harus anda kunjungi adalah Air Terjun Roro Kuning yang bertempat di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret ini menawarkan fenomena alam yang eksotis sekaligus disisipi nilai sejarah. Salah satu keunikan dari Air Terjun Roro Kuning ini terletak pada bentuk yang berbeda dari air terjun pada umumnya. Jika biasanya air yang turun dari atas ketinggian turun secara langsung, maka aliran air di Air Terjun ini merambat. Sehingga tidak akan terdengar bunyi kecipak air atau derasnya air yang mengalir dari ketinggian. Sehingga air terjun ini sering disebut juga Air Terjun Merambat Roro Kuning.

Wisata Air Terjun Roro Kuning Nganjuk memiliki ketinggian hampir 20 meter. Di sekeliling air terjun ini, tumbuh pohon pinus yang subur, sehingga suasana air terjun ini semakin asri. Air Terjun Roro Kuning di Nganjuk mempunyai beberapa fasilitas yang cukup menunjang. Selain bermain air tentunya, ada taman bermain untuk anak-anak. Sehingga Anda yang membawa serta buah hati, tidak akan kecewa membawa mereka ke tempat ini. Meski bagi anak-anak yang dapat melakukan kegiatan berenang, bisa berenang di aliran sungainya yang dangkal. Di tepi sungainya, telah dibangun bangunan permanen yang dapat digunakan sebagai tempat duduk bersantai tak jauh dari air terjun. Di titik ini pula, kebanyakan pengunjung mengambil foto. Karena selain nyaman, tempat ini bisa dipakai beramai-ramai dan befoto bersama-sama. Anda bisa juga mengambil foto dengan jarak dekat air terjun karena lokasinya yang cukup aman.

Air terjun ini selain menyuguhkan fenomena alamnya yang eksotik, juga terdapat legenda Air Terjun Roro Kuning yang sarat akan cerita mistisnya, serta wisata sejarah yang dapat dijadikan tempat belajar dan mengenal alam. Di sekitar lokasi air terjun, terdapat monumen bersejarah salah satu pahlawan nasional Indonesia, Panglima Besar Jenderal Sudirman. Anda bisa memanfaatkan momentum wisata ini sebagai wisata edukasi, sekaligus mengenang pahlawan Indonesia yang telah gigih melawan penjajah. Tak hanya monumennya saja, terdapat bangunan rumah sederhana yang masih dibiarkan seperti waktu semula. Rumah ini digunakan oleh Jenderal Sudirman sebagai tempat singgah selama satu pekan. Perjuangan Jenderal Sudirman ini terjadi pada tahun 1949.

Di pintu masuk, terdapat patung Roro Kuning. Sesuai dengan namanya, patung tersebut berwujud patung wanita dengan seluruh tubuhnya dicat warna kuning keemasan. Di depan patung tersebut terdapat tulisan yang merupakan nama dari tempat wisata ini, Roro Kuning. Warna kuning pada patung tersebut hanya sebagai simbol wanita yang bernama Roro Kuning. Patung tersebut selain melambangkan, juga menyimpan cerita Air Terjun Roro Kuning yang terkenal hingga sekarang.

patung Roro Kuning

Rute Air Terjun Roro Kuning ini bisa dicapai dengan melewati salah satu dari 4 kabupaten yang mengelilingi Kabupaten Nganjuk, yakni Kabupaten Jombang dari arah timur, Kabupaten Bojonegoro dari arah utara, Kabupaten Kediri dari arah barat, dan Kabupaten Ponorogo dari arah selatan. Jalanan yang dilewati menuju lokasi cukup mudah dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Harga tiket masuk Roro Kuning pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 5.000.

  1. Air Terjun Ngebleng

    Air Terjun Ngableng

Tempat terakhir yang bisa anda kunjungi adalah Air Terjun Ngebleng yang terletak di di Dusun Tondowesi Lor, Desa Pule, Kecamatan Jatikalen. Air Terjun Ngebleng Nganjuk adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Air Terjun Ngebleng Nganjuk memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Nganjuk tidak mengunjungi Air Terjun Ngebleng Nganjuk yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Air Terjun Ngebleng Nganjuk sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.  Keindahan Air Terjun Ngebleng Nganjuk ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk mengunjungi tempat Air Terjun Ngebleng di kota Nganjuk.

Air Terjun Ngebleng

Air Terjun Ngebleng Nganjuk memiliki tempat yang masih sangat asri, karena memang belum benar-benar dikelola sebagai tempat wisata umum. Jadi, pasti beruntung banget jika anda bisa sampai di tempat ini. Menuju lokasi air terjun dilakukan dengan perjalanan yang begitu jauh dan sangat melelahkan. Namun jika sudah mendekati lokasi air terjun, rasa lelah akan terbayar dengan Air Terjun Ngebleng yang fenomenal itu. Air Terjun Ngebleng ini ada 4 undakan. Kalau anda baru sampai Air Terjun Ngebleng, anda hanya akan melihat sungai yang mengalir pelan dari kiri ke kanan. Di sebelah kanan ada undakan 1 dan 2 yang kecil cuma dua meter. Lalu semakin ke bawah semakin tinggi undakannya, sekitar 3-4 meteran. Dengan suasana yang asri sehingga keheningan hutan dan suara kicau burung yang hanya terdengar di kejauhan membuat para pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan sekitarnya.

Demikian destinasi tempat wisata air terjun di Nganjuk yang terbaik dan menarik yang bisa dijadikan referensi kunjungan wisata anda. Kota dengan wisata menarik ini tidak kalah indah dan mempesona dengan wisata-wisata yang ada di Kota lain loh. Dan, selamat menikmati hari week end anda!!![mm]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here