BERBAGI
Ilustrasi Wanita Hamil

inspirasijatim.com – Banyak bertanya, makanan apa saja yang perlu dihindari pada waktu hamil. Ada juga yang bertanya sebaiknya kita olahraga yang bagaimana. Tetapi ada satu hal yang terlihat sederhana yang sering terabaikan. yakni cara wanita hamil bangun dari tidurnya.

Kata Dr Rachel Gelman, terapis fisik dan direktur di Pelvic Health and Rehabilitation Center, wanita yang sedang hamil penting untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap dalam posisi netral. Dengan begitu tidak ‘memutar’ punggung saat bangun dari tempat tidur.

Menurut Rachel seperti dilansir Romper, caranya dengan menekuk lutut dan berguling ke samping tanpa memutar tubuh. Selanjutnya sesuaikan kedua kaki dengan mengayunkan kaki di sisi tempat tidur dan gunakan tangan untuk membantu mendorong badan kita. kesemuanya harus bergerak bersama
Menurut Baby Center, wanita yang sedang hamil harus meluangkan waktu untuk bangun dari posisi tidur. Intinya asal-asalan. Wanita hamil juga disarankan untuk menghindari gerakan mendadak yang dapat menyebabkan kehilangan keseimbangan atau memperparah rasa sakit punggung yang dirasakan.

Dr Mashfika N Alam juga mengatakan bisa juga dipertimbangkan untuk meletakkan satu tangan di perut bagian bawah saat bangun, terutama jika kita merasa terlalu banyak tekanan di panggul atau jika mengalami disfungsi simfisis pubis (symphysis pubis dysfunction). Kondisi tersebut menurut What to Expect membuat ibu hamil sulit berjalan dan menyebabkan rasa sakit yang memilukan, seolah panggul terlepas.

Sedangkan untuk posisi tidur terbaik selama kehamilan, American Pregnancy Association (APA) merekomendasikan tidur miring. Jadi wanita hamil bisa meletakkan bantal di antara kedua kaki. Posisi tidur di sisi kiri, menurut APA, bermanfaat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi dari plasenta untuk bayi di dalam kandungan.

Kalau mulas dan mengalami gangguan pencernaan atau sulit tidur nyenyak karena perubahan bentuk tubuh, Mama Natural menyarankan menggunakan semua bantal yang ada di rumah.
Wanita hamil bisa menggunakan bantal untuk membantu naik ke tempat tidur, sebagai sumber kekuatan saat perut mulai membesar. Selain itu bantal juga bisa digunakan sebagai pendukung saat duduk di tempat tidur. Hindari langsung berbaring di punggung ya, karena membuat otot perut dan panggul menjadi tegang.

Saat kehamilan makin besar, tidur dan bangun tidur nggak lagi senyaman dulu. Selama hamil, tidur, dan bangun butuh banget kerja keras. Kabar baiknya sekarang sudah ada bantal kehamilan, tapi kalau nggak ada, wanita hamil bisa minta bantuan kepada suaminya agar sedikit lebih mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here