BERBAGI

Inspirasijatim.com – Kantuk mungkin adalah hal yang wajar. Untuk mengusirnya tinggal tidur saja atau meminum segelas kopi. Namun  jika rasa kantuk itu muncul saat jam kantor, apalagi sampai tertidur di meja kerja.

Dilansir dari Detik.com, menurut spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, pada saat bekerja tentu membutuhkan banyak konsentrasi dan menunduk sehingga terjadi ketegangan pada daerah leher, punggung, pinggang dan juga bahu. Sebabnya, diperlukan peregangan yang dapat menghilangkan kekakuan dan sekaligus menghilangkan rasa kantuk.

Untuk itu, dokter yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta memberikan tips melakukan peregangan pada daerah leher, punggung, pinggang, dan bahu.

1. Peregangan Pada Leher
Caranya kita mengadahkan dan menundukkan leher, setelah itu tarik leher ke kanan dan ke kiri. Masing-masing gerakan tahan selama 5 detik dan cukup lakukan sekali.

Gerakan itu bisa menghilangkan kekakuan pada daerah leher dan memperlancar aliran darah pada daerah otot-otot tersebut.

2. Pergangan Pada Pinggang
Dalam posisi duduk, punggung bersandar pada sandaran kursi kemudian pandangan lurus ke depan. Kedua tangan dikatupkan dan posisi kedua tangan dibalik sehingga kedua telapak tangan menghadap ke depan. Kemudian pelan-pelan condongkan badan ke depan sehingga lengan atas maupun lengan bawah dan juga kedua telapak tangan akan terasa meregang. Hal ini bisa juga untuk meregang daerah punggung.

Gerakan ini berfungsi untuk melepas kepenatan ataupun kekakuan akibat bekerja di kantor. Dilakukan sebanyak 3 kali dan setiap peragangan tahan posisi tersebut selama 5 sampai 8 detik.

3. Peregangan Pada Punggung
Untuk melakukan peregangan pada daerah pinggang. Masih dalam posisi duduk kemudian lutut kanan diletakkan di atas lutut kiri. Tangan kiri itu digunakan untuk menarik lutut kanan ke arah kiri sehingga dirasakan regangan pada daerah pinggang. Lakukan repetisi sebanyak 3 kali kemudian setiap kali gerakan ditahan 5 sampai 8 hitungan dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Hal itu melepaskan kekakuan atau mengurangi kekakuan pada daerah pinggang.

4. Peregangan Pada Bahu
Cara melakukan peregangan pada bahu adalah dengan posisi duduk kemudian lengan kanan dibawa ke depan tubuh kemudian lengan kiri menarik daerah siku sampai terasa regangan pada lengan atas, bahu ataupun punggung. Lakukan sebanyak 3 repetisi, ditahan sebanyak 5-8 hitungan dan lakukan hal yang sama untuk sisi lainnya.

Dengan melakukan peregangan pada bahu diharapkan menjadi lebih rileks dan dapat bekerja kembali dengan baik.

Demikian tips untuk tetap bugar selama dikantor dan agar terhindar dari rasa kantuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here