BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: mulaisehat)

inspirasijatim.com – Kosmetik  merupakan elemen penting untuk menyempurnakan penampilan wanita. Namun, waspadalah bagi anda yang tengah hamil saat menggunakan kosmetik.

Ada beberapa teori tentang penggunaan kosmetik dan efek paparan bahan kimianya terhadap ibu hamil. Memang tidak menutup kemungkinan bahwa kosmetik berbahan kimia akan dapat di serapkulit dan berpengaruh pada bayi dalam kandungan.

Beberapa dokter memang masih membolehkan untuk pemakaian kosmetik disaat mengandung, dengan syarat kosmetik tersebut memang tidak mengandung  bahan kimia yang berbahaya bagi janin. Sebab ada beberapa kandungan bahan kimia dapat memicu kelainan pada janin seperti, perkembangan janin terganggu, karacunan janin, alergi dan lain sebagainya.

Memang dalam penggunaan kosmetik ibu hamil harus lebih hati-hati dan lebih selektif. Untuk membantu anda menghindari bahan-bahan kimia berbahaya dalam kosmetik, ini beberapa zat kimia kosmetik yang perlu dihindari.

  1. Paraben

Zat ini merupakan sejenis pengawet. Zat ini kerap digunakan untuk menambah daya tahan produk dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada kosmetik.

  1. Asam salisilat

Merupakan peuduk pembersih muka, Meskipun asam salisilat bisa meredakan peradangan pada kulit tetapi untuk sementara bisa dihindari terlebih dahulu untuk ibu hamil.

  1. Retinol

Merupakan produk yang dibuat dari vitamin A, sering terdapat dalam produk kecantikan untuk pengobatan jerawat, mencegah keriput dan anti-aging.

  1. Isotretinoin

Merupakan produk yang terbuat dari vitamin A. Isotretinoinmerupakan obat oral yang digunakan dalam pengobatan jerawat.

  1. Benzoyl peroxide

Zat yang sering terkandung dalam pengobatan jerawat. Penggunaan kosmetik ini harap  konsultasikan pada dokter kandungan anda bila hendak menggunakannya.

  1. Aluminum chloride hexahydrate

Merupakan produk kosmetik antiperspirant, seperti deodorant. Sebaiknya dihindari untuk ibu hamil sebab dengan penggunaan Aluminum chloride hexahydrate malah mengakibatkan produksi keringat yang berlebih

  1. Formaldehida

Merupakan kosmetik dengan kandungan pengawet yang sering terdapat dalam kutek kuku lem bulu mata. Karena molekul-molekul dalam formaldehida berisiko mengakibatkan kerusakan sel.

  1. Phthalates

Sering terdapat dalam kutek kuku serta parfum. Phthalates sebaiknya dihindari sebab dapat diserap oleh plasenta bayi.

  1. Toluene

Merupakan hidrokarbon aromatik yang digunakan untuk pelarut cat. Sering terdapat dalam kandungan kutek kuku.

  1. Amonia

Sering terdapat dalam produk pewarna rambut. Meskipun kadar racunnya sangat kecil  bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan peradangan pada rambut dan kulit kepala.

  1. Thioglycolic acid

Sering terdapat dalam produk penghilang atau perontok rambut di tubuh.

  1. Avobenzone

Sering terdapat dalam produk pelindung matahari. Bahaya dari avobenzone sendiri adalah kemungkinan alergi.

  1. Hydroquinone

Ditemukan dalam produk untuk pemutihkan kulit.  Meskipun tidak semua pengguna mengelami efek seperti sensasi terbakar atau gatal-gatal, tetapi untuk ibu hamil sebaiknya dihindari untuk mengantisipasi kesehatan ibu dan bayi.

Ketika hamil, ibu hamil bisa saja menggunakan produk kecantikan yang aman, tentunya ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam memilih kosmetik. Sebaiknya sebelum menggunakan kosmetik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here