BERBAGI
Pentas Tarian Thengul pecahkan rekor Muri. (IG openemajor)

Inspirasijatim.com – 2.019 penari Thengul pecahkan rekor Museum Rekor Dunia (MURI). Pertunjukan tari thengul dalam rangka International Folklore Festival diadakan pada 13 sampai 19 Juli 2019 di Stadion Letjen H. Soedirman Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Tarian yang terinspirasi Wayang thengul ini dipentaskan oleh penari secara berkelompok dengan gerakan, ekspresi dan kostum yang menyerupai Wayang thengul. Tari Thengul ini merupakan tarian kreasi yang diciptakan sebagai wujud apresiasi dan upaya untuk mengangkat kembali kesenian Wayang thengul.

“Mempromosikan kesenian khas Bojonegoro untuk nanti bisa disebarluaskan mereka di negara masing-masing,” ungkap Amir Syahid, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro (7/15/2019)

Pemerintah Kabupaten Bojonegoro sangat mengapresisi dan mendukung penuh terkait pengenalan Tari Thengul sebagai ikon daerah  Bojonegoro. Empat negara delegasi kesenian asing, Bulgaria, Polandia, Thailand, dan Meksiko didatangkan untuk ajang promosi.

Selain itu Pemkab Bojonegoro mengundang Museum Rekor Dunia (Muri) untuk mencatatkan dalam rekor dunia kategori Penari Thengul terbanyak. Serta setelah pemecahan MURI diharap dapat mendongkrak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk datang singgah di Bojonegoro.

“Harapan kami ke depan, bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Bojonegoro, baik wisatawan lokal maupun internasional,” Pungkas Anna Muawanah Bupati Bojonegoro. [Ad]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here