BERBAGI
Kampung Bendera di Darmokali, Surabaya selalu dihiasi pernak pernik bendera merah putih ketika mendekati hari kemerdekaan

Inspirasijatim.com – Menjelang peringatan HUT RI ke-74, para pedagang pernak-pernik kemerdekaan patut berbahagia. Tak terkecuali pedagang di kawasan Darmokali, Surabaya yang selama ini dikenal sebagai Kampung Bendera.

Dibandingkan dengan bulan biasa, para pedagang yang khusus menjual bendera beserta pernak pernik itu bisa mendapat keuntungan 3 kali lipat dari biasanya.

“Ya kalau dibanding bulan biasa, Agustus lebih ramai. Peningkatannya sampai 3 kali lipat dari hari biasa. Kalau bulan biasa kadang sehari cuma yang beli bendera satu kadang seminggu nggak ada yang beli,” kata salah satu pedagang, Sejinah (47) kepada awak media, Sabtu (10/8/2019).

Setiap memasuki momen kemerdekaan ini, ungkap Sejinah, dirinya bisa mendapatkan omzet hingga jutaan rupiah per hari. Meski di Kampung Bendera ini dia juga berjualan dengan warga lainnya.

“Omzet kalau saya tiap harinya Rp 1 juta sampai Rp 2 juta, itu kotor. Tapi ini juga jumlah penjual juga banyak nggak saya sendiri,”

Untuk pernak pernik bendera merah putih, orderan tetap ada meski tidak seramai seperti di bulan Agustus. Namun begitu, orderan tidak sederas ketika hari kemerdekaan.

“Habis bulan Agustus sampai September masih ramai. Kadang masih ada orang beli buat acara panggung-panggung itu. Masih laku,” ungkapnya.

Pernak pernik yang dijual di Darmokali tersebut, menurut Sejinah sebetulnya merupakan kiriman dari Jakarta dan Bandung. Sedangkan sisanya dibuat oleh pedagang sendiri.

“Ini ada yang beli barang jadi kiriman dari Jakarta dan Bandung. Kalau barang jadi itu biasanya permintaan dari pembeli. Tapi kalau ukurannya nggak umum dan nggak ada baru kita bikin sendiri. Kalau barang jadi ada ya tinggal pilih yang ada,” beber ibu satu anak ini.

Para pemesan pernak pernik itu biasanya tidak hanya berasal dari wilayah Surabaya, namun juga dari luar daerah hingga luar pulau.

“Ada sampai ke luar daerah. Kadang kalau itu bukan pesanan ya minta bendera sampai 100 biji bendera dikirim ke Irian Jaya Papua. Karena memang ada yang punya saudara dari sini dan mintanya dikirim dari sini,” pungkasnya.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here