BERBAGI
Parade Barong dan Kesenian Tradisional

Surabaya, Inspirasijatim.com  Dalam menyambut hari jadi Provinsi Jatim ke-72, lebih dari 1.000 penari Barong ikut ambil bagian dalam acara dari ‘Parade Barong dan Kesenian Tradisional’ Rabu (25/10/2017) siang di lapangan Makodam V Brawijaya.

Setidaknya, puluhan jenis Barongan yang tampil dalam acara ini. Seperti Bantengan, Reog, Barongan Kemirengan, dll. Mereka tergabung dalam kelompok kesenian yang tersebar dari berbagai kota.

Menurut, Kepala Biro Dinas Pariwisata Pemprov Jatim, Anom Suharno, ternyata jenis Barongan yang ada di Jawa TImur ini beragam. Serta antara daerah satu dengan yang lain, mempunyai kekhasan masing-masing.

“Kita ingin mengangkat tradisi masyarakat, khususnya Barong, “ Ujar Anom seperti dilansir di CNN Indonesia Daily.

Barongan, yang dikenal oleh Bali dan sebagain daerah timur Jawa, biasanya digambarkan dengan sejumlah hewan tertentu yang dikultuskan, seperti kuda, singa, banteng, harimau, ular, naga dan lain sebagainya.

Dalam acara  tersebut, juga disuguhi beberapa ritual magis. Akibatnya, banyak peserta yang kesurupan setelah kemenyan dibakar, yang membuat bau menyebar ke tempat acara. Kesakralanpun segera dirasakan oleh yang hadir ditempat tersebut. Acara berakhir sekitar jam 17.00 WIB. (md)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here