BERBAGI
Minuman Herbal Ampuh Atasi Batuk Dimusim Penghujan, Foto IG @wisatakuliner10, @nungkycahayaputri, @docare_id, @filosofijamu.id

Inspirasijatim.com –  Tatkala dimusim penghujan tentu sakit batuk hampir merata melanda di negeri kita, seperti penyakit wajib musiman. Batuk merupakan penyakit yang gampang menyerang saat kondisi daya imun tubuh menurun, kecenderungan saat kecapeaan terus terkena hujan menjadi penyebab utama masuknya virus dan bakteri.

Anda bias meredakan batuk dengan mengkonsumsi obat batuk yang bisa dibeli di apotek, atau dapat memilih menggunakan beberapa tanaman tradisional sebagai obat untuk mengatasi batuk secara alami. Dibawah ini akan ada tanaman obat tradisional yang sudah menjadi obat turun temurun untuk meredakan batuk.

  • Jahe Madu

Jahe dapat meredakan batuk kering atau asma, karena sifatnya yang anti-inflamasi. Jahe juga dapat meredakan rasa mual dan jahe juga merupakan obat penghilang rasa nyeri. Anti-inflasi pada jahe berguna melemaskan membran di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk.

Jahe sangat mudah untuk pengolahannya, cukup siapkan satu gelas air panas mendidih masukan 20 – 40 gram jahe segar tunggu beberapa saat. Setelah agak dingin 3 – 5 menit bias tambahkan Madu secukupnya, sudah siap di minum.

Jangan salah sangka Madu disisni di gunakan bukan hanya untuk pemanis alami saja, akan tetapi kasiat dari jahe ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Madu dapat digunakan untuk meredakan batuk, mengonsumsi madu bisa melegakan tenggorokan saat batuk menyerang.

Khasiat madu sebagai obat batuk juga telah diakui langsung oleh dunia salah satunya, World Health Organisation (WHO). Menjadi sebagai alternatif pemanis minuman yang cocok dan berhasiat untuk meredakan batuk

  • Sari Kencur

Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa setelah dikonsumsi. Jamu herbal kencur ini juga biasa dikonsumsi oleh banyak penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara.

Sari kencur mengandung senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri. Jangan kaget kalau kalian meminum sari kencur akan ada rasa yang bergerak – gerak di tenggorokan itu merupakan efek yang melegakan tenggorokan.

  • Jeruk Nipis Kecap Manis

Larutan kecap masnis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernafas dan tenggorokan gatal. Obat herbal turun temurun ini sudah menjadi resep orang-orang tua kita puluhan tahun silam.

Jeruk nipis mengandung minyak atsiri dan berbagai zat yang bisa melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal Kecap manis sendiri digunakan untuk mengurangi rasa asam yang ada pada jeruk nipis. Dalam mengkonsumsinya cukup satu sendok makan setiap setelah makan, gunanya juga unrtuk menetralisir makanan yang sekiranya dapat mengganggu tenggorokan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here