BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: bobogrid)

inspirasijatim.com – Perubahan cuaca dari musim panas ke musim penghujan akan segera tiba terlebih lagi perubahan cuaca ini dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Karena itu kita patut waspada menjaga kondisi tubuh agar tetap vit supaya apa bila musim penghujan tiba kita tetap sehat. Ini ada sedikit tips untuk dapat  menjaga badan tetap hangat, saat musim penghujan tiba. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman khas Indonesia yang dapat menghangatkan tubuh dan berkhasiat untuk menambah kekebalan tubuh kita saat perubahan musim.

Berikut ini adalah jajaran minuman tradisional khas Indonesia yang dapat membuat badan kita hangat saat hujan, sekaligus dapat membuat tubuh kita vit dalam menghadapi aktivitas seharian.

  1. STMJ

STMJ kalo di Indonesia merupakan minuman kesehatan, terdiri dari Susu, Telor Ayam mentah, Madu dan Jahe. Minuman ini sangat enak kalo diminum dalam suasana yang dingin. Selain menghangatkan, STMJ juga memberikan stamina lebih bagi tubuh kita. Rasa STMJ Susu sangatlah enak hasil perpaduan antara gurih khas susu dengan Jahe yang kuat, ditambah telor dan madu menyatu dalam satu minuman yang lezat dan bergizi. Tak heran jika banyak orang memilih mengkonsumsi STMJ Susu dibandingkan mengkonsumsi obat obatan yang notabene memiliki efek samping yang lebih berbahaya.

  1. Bajigur

Bajigur adalah minuman khas dari Sunda. Bajigur sangat cocok diminum saat musim hujan dan menjadi minuman favorit banyak orang. Minuman lezat ini terbuat dari gula aren, kopi, dan santan dengan tambahan sedikit jahe dan daun pandan. Selain menghangatkan tubuh, minuman ini juga bisa memberikan tambahan energy dan Kandungan dalam bajigur mampu berperan untuk meningkatkan kinerja metabolism, dengan cara memperlancar aliran darah, serta membantu proses pelebaran pembuluh darah

  1. Sekoteng

Sekoteng adalah minuman asli Jawa Tengah. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan karena memberi kehangatan untuk tubuh. Minuman ini terbuat dari air rebusan jahe yang ditambahi dengan kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Selain itu sekoteng sering ditambahi dengan susu supaya rasanya semakin manis. Dengan kita meminum sekoteng selain menghangatkan minuman ini juga akan mengenyangkan perut kita, sebab terdapat protein dan kandungan karbohidrat yang cukup untuk member energy tambahan saat hujan tiba.

  1. Wedang ronde

Wedang ronde adalah minuman khas Jawa Tengah terutama daerah Solo, Salatiga, Semarang dan Yogyakarta. Minuman ini terbuat dari  air rebusan jahe, gula, pandan dan serai yang kemudian ditambah dengan taburan kacang tanah goreng, potongan roti, dan kolang-kaling. Sepintas wedang ronde ini mirip dengan sekoteng. Namun yang membedakannya adalah adanya tambahan ronde di minuman ini. Ronde adalah butiran berbentuk bola serupa biji salak yang terbuat dari ubi atau tepung ketan. Sensasi saat mengunyahnya kenyal bercampur manis yang langsung lumer di mulut, akan membikin mulut kita tidak berhenti mengunyahnya.

  1. Bir pletok

Bir pletok adalah minuman khas Betawi atau Jakarta. Meskipun namanya bir, tapi sesungguhnya minuman ini sama sekali tak mengandung alkohol. Bir pletok adalah minuman yang dibuat dari rempah-rempah seperti jahe, daun pandan wangi, dan serai. Bir pletok menjadi minuman favorit orang Betawi saat musim hujan datang. Kandungan yang terdapat dari ramuan ini yang meliputi kandungan antioksidan, vitamin B6 dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan.

  1. Bandrek

Bandrek adalah minuman tradisional khas Sunda. Minuman ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat musim hujan datang. Minuman ini terbuat dari air rebusan jahe dan gula merah yang kemudian ditambahlan dengan berbagai macam rempah-rempah seperti  cengkeh, sereh, gula, kapulaga dan ketumbar untuk memperkuat efek hangat. Cengkeh, kayumanis, jahe dan rempah-rempah dalam bandrek, kaya akan nutrisi penting dan juga vitamin. Bandrek mampu memasok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan serat makanan. Minum bandrek cocok bagi orang ingin menjaga terus imunitas (ketahanan tubuh) dan vitalitas.

  1. Angsle

Angsle adalah minuman tradisional khas Malang, Jawa Timur wedang angsle merupakan sajian minuman hangat, berupa kuah santan dengan rasa pandan. Dalam satu mangkok angsle terdapat roti tawar, petulo, kacang hijau, mutiara dan ketan. Angsle ada yang diberi jahe, tetapi ada juga yang tidak, sehingga memiliki citarasa berbeda dibandingkan wedang ronde. Terutama kuah santan dan rasa pandannya, menjadikan angsle memiliki rasa yang khas. Satu mangkok angsle, selain menghangatkan badan, juga cukup mengenyangkan. Gemetaran karena hawa dingin akan hilang seketika.

Diatas adalah minuman yang sangat rekomindit untuk kalian menghadapi musim penghujan mendatang, dan dijamin minuman diatas menyehatkan, pastinya alami tanpa efek samping. Minuman tradisional yang tetap eksis untuk dimasa sekarang, dukung terus minuman tradisional khas Indonesia.(JF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here