BERBAGI
Gunung Raung Dilihat Dari Atas

Bondowoso, inspirasijatim.com – Bagi kalangan para pendaki, Gunung Raung tentunya memiliki kesan tersendiri. Selain tracknya yang menantang, keindahan pesona alamnya pun memanjakan mata setiap pendaki. Meski memiliki karakter medan yang menantang, Gunung Raung tetaplah menjadi jujugan bagi para penantang adrenalin. Selain itu, fenomena alamnya pun menggugah untuk disinggahi sekaligus mengabadikan moment tersebut bersama teman, keluarga maupun gebetan (jika ada).

Secara geografis, Gunung Raung masuk di tiga kabupaten yakni Bondowoso, Banyuwangi dan Jember. Untuk memasuki wilayah Raung, sebenarnya ada dua jalur yang bisa kalian rasakan medannya. Pertama via jalur Sumber Wringi dan Kalibaru. Jika memilih via jalur Kalibaru, Banyuwangi sebenarnya jalur ini baru dibuka di tahun 2000-an. Sementara banyak para pendaki yang lebih memilih menggunakan jalur Sumber Wringin, Bondowoso.

Meski jalur pendakian yang cukup menantang, Gunung Raung tidak direferensikan bagi mereka pendaki pemula. Akan tetapi, tetap saja banyak pendaki yang tak kuasa melewatkan pesona gunung ini. Setidaknya ada tiga bonus yang bisa menjadi penarik para pendaki pemula atau professional rela mendaki Gunung Raung meski rintangannya berat.

  1. Memiliki Empat Puncak

Ketika mendaki di Gunung raung, kalian akan menemukan empat puncak yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan Puncak Sejati sebagai labuhan terakhir pendakian. Untuk menapaki medan tersebut, diperlukan beberapa perlengkapan pendakian seperti tali kernmantel statis minimal 1 buah dengan panjang minimal 30 meter, webbing, carabiner screw dan non srew, jumar, figure of eight, prusik, harnest serta membawa pasak besi untuk anchor tanam. Pasalnya Gunung Raung acapkali mengalami pergantian cuaca secara drastis yang bisa menjadi penyebab tanah longsor dan angin kencang.

Setiap puncak di Gunung Raung memiliki karakter dan pesona alam yang berbeda-beda. Di mulai dari Puncak Bendera, kalian bisa beristirahat di hamparan lahan datar sambil menikmati pemandangan Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati yang saling menyatu. Selain itu, kalian juga bisa melihat jalan setapak menuju puncak diatasnya.

Sementara di Puncak 17 dan Tusuk Gigi, kalian bisa melihat pemandangan sekitar gunung dari berbagai sudut. Namun, kedua puncak tersebut hanya berupa tebing sempit sehingga pendaki harus lebih berhati-hati dan menjaga keselamatan antar pendaki lainnya.

Di puncak Sejati inilah kalian bisa menikmati keindahan kaldera gunung Raung yang begitu besar dengan kepulan asap tipis diatasnya. Puncak Sejati memiliki lahan yang cukup luas dengan sebuah triangulasi dan plang bertuliskan “Puncak Sejati”. Disinilah spot berswafoto para pendaki dengan latar kawah dan kaldera gunung Raung yang eksotis.

  1. Kaldera Yang Besar dan Unik

Kaldera gunung Raung merupakan kawah terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara. Kaldera Raung besar dan megah. Bentuknya berupa kaldera yang kering dan luas. Bentuk kaldera yang terbuka ini menyebabkan letusan Gunung Raung tidak tertahan dan terlontar sempurna tanpa menyebabkan penyimpangan energi yang berarti, sehingga letusannya tak memiliki efek dentuman dahsyat.

Di tempat inilah semua orang penasaran akan fenomena alam yang menyebabkan kaldera raung menjadi tempat jujugan bagi para pendaki. Selain itu, kaldera Raung juga menyimpan segala cerita mistis yang mengiringinya. Jadi kepada kalian yang ingin mendaki Gunung Raung di akhir pekan ini, bawalah persedian yang memadai dan jangan lupa untuk terus berkordinasi dengan teman-teman kalian ya guys.

  1. Termasuk Anak Pegunungan Ijen

Gunung Raung merupakan gunung berapi aktif yang termasuk kelompok pegunungan Ijen, di antaranya Gunung Suket (2.950 mdpl), Gunung Pendil (2.338 mdpl), Gunung Rante (2.644 mdpl), Gunung Merapi (2.800 mdpl), Gunung Remuk (2.092 mdpl), dan Gunung  Ijen (2.443 mdpl). Dari beberapa gunung tersebut, Gunung Raung menjadi gunung tertinggi dalam jajaran pegunungan Ijen dengan ketinggian 3.344 mdpl.

Itulah tiga tempat istimewa yang tidak ingin kalian lewatkan kala akhir pekan menanti. Eksotisme alam yang dipertontonkan Gunung Raung tersebut merupakan salah satu seni penciptaan terbesar di jagat raya ini.

Jika kalian sudah memantabkan diri kesana, sebaiknya ikuti beberapa tips yang bisa kami berikan kepada sobat inspirasi dimanapun berada. Yang pertama kalian harus membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga, dan pastinya liburan kalian akan sia-sia bila tidak membawa kamera dong. Selanjutnya kalian juga bisa mencoba berbagai spot foto yang bagus di gunung ini.

Dan kalian juga bisa mencoba mendaki untuk melihat apa saja yang ada diatas gunung tersebut. Yang paling penting selalu ikuti instruksi dari penjaga dan jangan buang sampah sembarangan. Semoga artikel ini dapat membantu liburanmu dan selamat menikmati hari Rabu. [mm]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here