BERBAGI
Ilustrasi Kayu Manis

Surabaya, inspirasijatim.com – Tahukah anda bahwa kayu manis adalah rempah-rempah yang bagus untuk menurunkan berat badan? Tak hanya itu saja, kayu manis juga sumber potasium, mangan, kalsium, magnesium, seng, dan zat besi. Kayu manis juga merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat kayu manis bagi kesehatan;

  1. Mengontrol Gula Darah

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe 2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan dari situs whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

  1. Mengurangi Efek Buruk PCOS

PCOS atau sindrom ovarium polikistik, adalah kelainan hormonal yang terjadi pada wanita yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista yang berkembang di sisi luar. Minum air rebusan kayu manis diketahui bisa mengurangi efek buruk PCOS dan menurunkan resistensi insulin pada wanita yang sedang menderita PCOS.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut penelitian, air kayu manis memiliki kemampuan untuk memperlambat perkembangan penyakit otak seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer karena nutrisi di dalamnya akan meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak.

  1. Menurunkan Berat Badan

Air rebusan kayu manis yang dicampur dengan madu adalah minuman terbaik untuk menurunkan berat badan. Sebab minuman ini membantu dalam mendetoksifikasi sistem tubuh, membuatmu kenyang, serta menekan nafsu makan.

  1. Menyuburkan Kandungan

Kulit batang kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde, yaitu senyawa yang mampu meningkatkan progesteron dan menurunkan testoteron. Sifat semacam ini akan menyeimbangkan hormon reproduksi sehingga wanita menjadi lebih subur.

  1. Menangani Masalah Neuro Degenerative

Jounal University Of Texas menyebutkan bahwa ekstrak batang kayu manis dapat menangani masalah neuro degeneratif, termasuk alzheimer, parkinson, multiple sclerosis, tumor otak dan meningitis. Hal ini dikarenakan kayu manis mengandung sitokinin dalam jumlah yang cukup.

  1. Menyehatkan Jantung

Karena mampu menurunkan kadar kolesterol, kau manis juga dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Idak hanya itu, sifat anti inflamasi pada tanaman ini juga sangat efektif untuk mencegah infeksi dan kerusakan pada pembuluh darah jantung.

Itulah 7 manfaat mengkonsumsi kayu manis bagi kesehatan kita. Selain itu, jagalah kesehatan anda dengan berolahraga secara rutin. Sebab, memasuki pergantian musim seperti saat ini, tubuh kita rentan untuk sakit. Oleh sebab itulah, mari jaga selalu kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba!!! [mm]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here