BERBAGI
Achmad Faidi Menunjukkan Cara Kerja Temuannya, Selasa (27/3/2018)

Mojokerto, inspirasijatim.com – Maraknya aksi begal di berbagai tempat serta pernah marasakan sendiri menjadi korban pencurian sepeda motor, pemuda asal Pulau Sepudi, Kabupaten Sumenep berhasil menciptakan alat pengaman sepeda motor yang memanfaatkan aplikasi android.

Adalah Achmad Faidi, pemuda berkulit legam itu mengatakan bahwa alatnya berupa komponen eletronika yang berbasis android.

“Alatnya berupa komponen eletronika berupa remote motor berbasis android,” ujar Faidi saat ditemui di Mojokerto, Selasa (27/3/2018).

Faidi menjelaskan bahwa remot pengaman motor berbasis android tersebut dibuat dari komponen sederhana bernama Contactor eletronika.

Prinsip kerja dari contactor eletronika tersebut terdapat tiga contactor (saklar) yang digerakkan komponen IC (Integrated Circuit) sekaligus sebagai pengontrolnya.

“Koneksinya melalui Bluetooth yang diterima Contactor yang dikontrol melalui ponsel android via Bluetooth,” ungkapnya.

Proses pembuatan remote motor berbasis android tersebut memakan waktu selama tiga jam dengan memakai alat komponen eletronika seadanya.

“Selama tiga jam akhirnya berhasil memadukan Hardware yang dikendalikan via software aplikasi android,” beber faidi.

Dia juga menambahkan, awalnya secara kebetulan pernah mempraktekan coding untuk aplikasi android yang nyaris sama dengan alat hasil ciptaannya tersebut. Adapun menu aplikasi android di remote pengaman motor terdiri dari Kontak (ON/OFF), Lock dan Unlock serta Starter Engine (Start).

Uniknya aplikasi android ini terhubung langsung dengan komponen hardware via Bluetooth melalui ponsel. Meski kunci kontak dalam kondisi menyala (ON), motor tidak akan bisa distarter apabila aplikasi android remote pengaman motor menunjukkan posisi dikunci (Lock).

Untuk menyalakan motor perlu menekan tanda untuk membuka gembok dan tekan tombol Start, sehingga nantinya mesin motor akan menyala secara otomatis.

“Alat ini dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya kejahatan Curanmor. Apalagi untuk anak kost dan lainnya,” tuturnya.

Meski memanfaatkan saklar (ON/OFF) pada kelistrikan motor, namun alat ini tidak merusak atau mengubah sedikitpun komponen kelistrikan motor.

“Remote pengaman motor berbasis android ini bisa diterapkan pada motor maupun mobil yang mempunyai fasilitas kontak, starter dan pengapian,” terangnya.

Namun, untuk saat ini komponen remote pengaman motor ini masih dalam tahap uji coba. Selama ini, alat remote pengaman motor buatanya belum ada kendala apapun dalam pengoperasiannya.

“Masih dalam tahap uji coba, belum diberi casing dan dipasarkan. Kalau di pasaran harga membuatnya sekitar Rp. 300 ribu,” pungkas Faidi. [mm]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here