BERBAGI
Foto: Humas Stikom

Inspirasijatim.com – Rasa kantuk saat menyetir mobil kadang kala menghinggapi setiap pengemudi. Apalagi jika menempuh waktu hingga berjam-jam. Namun, kini para pengemudi tidak perlu khawatir jika terserang kantuk di jalan.

Baru-baru ini, mahasiswa Stikom Surabaya menciptakan alat untuk mendeteksi rasa kantuk saat ngantuk menyerang. Alat yang diberi nama Sistem Deteksi Kantuk (Si Dekan) ini bekerja secara real time.

Adalah Andrea Hartoko Aji Putra Perdana pencipta alat pendeteksi ngantuk tersebut. Dalam fungsinya, Si Dekan akan merekam wajah seseorang dan menyimpulkan secara real time apakah orang tersebut mengantuk atau tidak.

Andrea mengakui jika Si Dekan mudah untuk dioperasikan sehingga tidak membuat ribet penggunanya. “Pengoperasiannya pun terbilang mudah,” ungkap Andrea, Kamis (14/2/2019).

Hanya dengan menekan tombol enter, beber Andrea, alat tersebut akan berfungsi bahkan tanpa jaringan internet. Saat mata terpejam dalam kurun waktu beberapa detik dan terindikasi kantuk, alat ini akan memberikan alarm berupa suara dari buzzer.

“Alat ini sangat cocok untuk pengemudi mobil,” ungkap Andrea.

Untuk masalah harga, Andrea menambahkan, alat bernama Si Dekan ini dibanderol murah. Sayangnya Andrea tidak membuka berapa kisaran harga dari alat pendeteksi ngantuk tersebut.

“Alarm Sistem Deteksi Kantuk bernama Si Dekan ini dibanderol dengan harga cukup murah dibanding nyawa seseorang. Sehingga pengemudi tidak perlu takut mengalami kecelakaan akibat kantuk. Alat ini mampu memberikan peringatan yang cukup membangunkan kantuk, sehingga pengemudi dapat beristirahat sejenak,” pungkas Andrea.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here