BERBAGI
Ipran saat melukis gentong jualannya

Inspirasijatim.com – Ide untuk berjualan gentong atau wadah untuk tempat cuci tangan hias tak terbersit dalam pikiran Didik Suprananto. Yang ada dalam pikirannya hanyalah bagaimana caranya anak-anak disekitarnya rajin untuk cuci tangan di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Munculnya ide untuk menghias gentong terwujud tatkala salah satu tetangganya meminta pria asal Dusun Gombang, Desa Gabel, Kecamatan Kauman, Ponorogo menghias gentong miliknya. Alhasil setelah jadi, dia terpikir untuk menghias gentong-gentong lainnya agar anak-anak di lingkungannya rajin cuci tangan.

“Karena ada corona, biar anak kecil tertarik cuci tangan. Gentong yang awalnya polos, kalau dihias dengan gambar kan jadi tertarik untuk cuci tangan,” kata pria yang akrab disapa Ipran ini kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Lambat laun, setelah membuat gentong hias milik tetangganya membuat Ipran kebanjiran peminat. Sehingga, perajin Ganongan tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut ditengah peminat Ganongan sepi gegara corona.

“Ada salah satu tetangga meminta saya hias gentong air miliknya, ternyata banyak peminatnya,” tambah Ipran.

Promosi dari mulut ke mulut tersebut, rupanya membuat pesanan untuk menghias gentong air tersebut membludak. Tercatat, ada sekitar 30 pesanan untuk melukis gentong air didapatnya.

Untuk pengerjaannya, Ipran mengaku menggunakan cat berbahan minyak dan kemudian di brush menggunakan kompresor.

“Saya bikin dari cat minyak, trus brush pakai kompresor,” jelasnya singkat.

Berkenaan dengan harga, Ipran menyebut sesuai tingkat kesulitan pengerjaannya. Karena, dalam 3 hari Ipran bisa menyelesaikan satu gentong hias.

“Satu gentong dijual harga Rp 85 ribu hingga Rp 300 ribu tergantung kesulitan,” terang Ipran.

Kesulitan untuk memproduksi gentong hias, menurut Ipran, terletak dari bahan gentong yang sulit didapat. Karena kebanyakan pengrajin gentong tutup karena tidak adanya pengiriman tanah liat.

“Saat ini gentong sudah jarang karena banyak yang beli terus di pasar juga nggak ada,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here