BERBAGI
Kue Lumpur Khas Sidoarjo Foto IG @Surabayafoodies

Inspirasijatim.com –  Sidoarjo merupakan kota yang dipenuhi dengan kuliner, ada ceker lapindo, lontong kupang dan lain sebagainya. Salah satunya merupakan kue lumpur sidoarjo, kue yang lembut, manis, gurih yang rasanya melekat dihati.

Kue ini dinamai kue lumpur sebab penampakannya kue tersebut seperti lumpur yang berwarna rada gelap kecokelatan. Dan apabila kue lumpur ini di gigit teksturnya juga seperti lumpur yang lembut dan gembur.

Kue Lumpur ini terbuat dari tepung terigu, gula, santan, garam, telur ayam kampung dan beberapa bumbu rahasia lain. Dari semua bahan tersebut diaduk dijadikan menjadi satu adonan yang dimasukan alat cetak yang berbentuk bulat kecil yang ber diameter kurang lebih 10-15cm.

Unikya kue lumpur Sidoarjo ini dimasak tidak sembarangan, karena proases yang dilakukan untuk mematangkannya masih sangat tradisional. Memasaknya tidak menggunakan kompor atau oven akan tetapi dengan menggunakan cetakan dan arang.

Prosesnya adonan lumpur yang telah dituang di alat cetak itu dimasak menggunakan alat masak tradisional, seperti tungku berisi arang panas yang diletakkan di atas dan bawah cetakan. Setelah itu tinggal nunggu adonannya matang dan siap disajikan.

Jadi sebenarnya kue lumpur bukan ada hubungannya dengan lumpur Lapindo, jangan salah sangka ya. Karena sebelum ada nya kejadian keluarnya lumpur lapindo ditahun 2000an kue lumpur sudah ada terlebih dahulu di Sidoarjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here