Beranda Uncategorized Kreatifitas Tanpa Batas, Pria Ini Sulap Abu Jerami Jadi Lukisan Bernilai Seni...

Kreatifitas Tanpa Batas, Pria Ini Sulap Abu Jerami Jadi Lukisan Bernilai Seni Tinggi

57
0
BERBAGI
Agus saat memproses membakar jerami hingga menjadi abu

Inspirasijati.com – Seorang pria bernama Sendy Agus Cahyana warga asal Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang memiliki kreatifas tanpa batas. Berkat keahliannya dalam seni melukis, ia berhasil merubah abu jerami menjadi lukisan bernilai seni tinggi. Tak heran, hasil lukisannya bisa tembus di pasar internasional.

Ide awal Agus membuat lukisan indah dari abu jerami pertama kali muncul ketika melihat tumpukan jerami yang melimpah di sawah dekat rumahnya. Kumudian ia berinisiatif untuk membakar jerami tersebut lalu abunya ia coba-coba untuk dijadikan bahan lukisan. Tidak disangka, hasilnya mengagetkan dan berhasil menarik perhatian.

“Ide awal membuat lukisan abu jerami ini karena saya melihat melimpahnya jerami di desa saya. Waktu saya ke sawah membawa pulang jerami kemudian saya bakar. Abu-nya saya haluskan kemudian saya campur dengan lem dan air dan saya buat lukisan. Hasilnya kok bagus dan banyak peminatnya,” ujar  Agus dilansir dari detikcom, Rabu (4/11/20).

Dibalik lukisan indah karya Agus itu, ada proses panjang yang membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Bagaimana tidak, ia harus mengumpulkan jerami yang terbengkalai disawah, kemudian dia bakar hingga menjadi abu. Tidak sampai disitu, abu yang dihasilkan selanjutnya dihaluskan dengan ditumbuk hinggga benar-benar halus lalu di ayak.

Setelah itu, abu yang telah di ayak kemudian dicampur dengan lem dan air secukupnya. Adonan bahan campuran tersebut kemudian di bungkus dengan plastik. Tahap selanjutnya ialah desain gambar lukisan di atas media triplek dan lukis menggunakan tinta abu jerami tersebut.

Agus mengungkapkan, lukisan hasil karyanya itu tidak hanya diminati di pasar nasional, seperti Balikpapan, Bali, Batam, Surabaya Malang bahkan tembus hingga ke mancanegara di antaranya Turki.

“Untuk pemasaran lukisan abu jerami ini tidak hanya ke sejumlah kota di Indonesia, namun sudah ke mancanegara seperti Turki,” ujar Agus.

Untuk harga satu lukisan dibandrol mulai Rp 80 ribu hingga Rp 150 ribu tergantung ukuran dan tingkat kerumitan. Bagi Anda yang tertarik lukisan abu jerami tersebut, bisa langsung datang ke Lumajang atau memesannya secara online dengan desain gambar sesuai selera yang diinginkan. [*]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here