BERBAGI
Foto diambil dari http://www.teluklove.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-perkebunan-kopi.html

Kab. situbondo, inspirasijatim.com –Java Coffee Arabica, begitu kopi asal Kab. Situbondo dikenal oleh masyarakat umum. Teletak dilokasi Perkebunan Kayumas terletak di Kecamatan Arjasa kurang lebih 47 km dari kota situbondo dan 34 km dari kecamatan Arjasa kearah timur laut dengan ketinggian 760 s/d 1.550 Meter di atas permukaan laut.

Kopi yang nama aslinya adalah Kopi Kayumas ini, menjadi buah bibir masyarakat semenjak kopi ini memenangi Festival Kopi di Bali. Kopi asal Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa teruji juara dunia dalam kategori kualitas rasanya.  Salah satu resep kopi ini bisa menyabet juara dunia, yakni para petani kopi memperlakukan kopinya dengan cara organik.

Awal mulanya di tahun 1886, perkebunan ini merupakan kebun kopi arabika dan beberapa tanaman kina dengan nama NV Mijt. Lalu berubah nama menjadi Van Landem Kayumas hingga 1957. Kemudian di tahun 1958, berdasarkan UUD.86 tahun 1958 Perkebunan kayumas di Nasionalisasi menjadi pusat perkebunan Negara baru (PPND).

Dan sejak tahun 1996 Perusahaan di Restrukturisasi menjadi PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero). Dengan komoditi utama yang dibudidayakan adalah Kopi Arabika dengan brand name Java Coffe Kayumas. Saat ini, perkebunan ini juga dibuka untuk umum sebagai wisata edukasi dan alam. Bahkan, untuk harga tiket masuk tidak di punggut biaya alias gratis.

Pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) tahun 2017 yang ke-199 ini, untuk lebih mengenalkan kopi khas Situbondo ini. Pemerintah Kabupaten Situbondo juga akan mengadakan beberapa event. Salah satunya adalah Pemilihan Ratu Kopi Indonesia 2017. Event ini dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 17 September 2017.

Bahkan Calon Gubernur yang diusung PKB, Gus Ipul, yang dikenal juga dengan tagline “Ngopi Bareng”, juga melakukan ngopi bareng bersama dengan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan warga Situbondo di Pendopo Bupati, Senin malam (11/9/2017). Ngopi bareng tersebut dikemas dalam acara “Pesona telaah Jawa Timuran” yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Situbondo.

Gus ipul juga memuji cita rasa yang dihasilkan dari kopi kayumas asli Situbondo “saya percaya kopi kayumas ini akan menguasai pasar nasional dan dunia pada tahun mendatang,” tuturnya

Perlu diketahui, kopi kayumas ini termasuk kopi jenis arabika. Yang diketahui kopi jenis ini memiliki kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan kopi robusta. Karenanya kopi ini cocok untuk orang yang menderita asam lambung. Selain itu, kopi jenis ini biasanya ditemukan didaerah dataran tinggi, berbeda dengan kopi robusta yang banyak ditemui didaerah dataran rendah.(MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here