BERBAGI
foto diambil dari https://alamendah.org/2015/06/05/pengumuman-kota-penerima-adipura-adipura-kencana-2015-diundur/

inspirasijatim.com, –Banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu Adipura Kencana. Mereka lebih paham dengan istilah Adipura. Seperti kita ketahui, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan Adipura ini diselenggarakan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sedangkan Adipura kencana adalah  Penghargaan yang diberikan pemerintah bagi koto-kota yang telah empat kali meraih Adipura. Setiap aspek manajemen dan peran serta masyarakat (termasuk PKK dan Kesehatan) harus mempunyai nilai 80% dari nilai maksimum setiap aspek tersebut,dan nilai fisik harus lebih besar atau sama dengan 80% dari nilai maksimum.

Menurut siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SP.164/HUMAS/PP/HMS.3/08/2017, penerima penghargaan Adipura Tahun 2017 ini terdiri atas 6 kota penerima Adipura Kencana dan 16 kota penerima Adipura.

Dari 6 Kota atau Kabupaten penerima Adipura Kencana, tiga di antaranya diraih dari Kota atau Kabupaten dari Provinsi Jawa Timur, yakni Kota Surabaya, Kota Malang dan Kabupaten Jombang. Hal Tersebut yang membuat Jawa Timur menjadi ‘Juara Umum’ pada perhelatan yang diadakan Kementrian Lingkungan hidup tahun ini.

Suatu prestasi yang membanggakan untuk Masyarakat Jawa Timur. Dengan capaian ini, semoga kelak Kota atau Kabupaten yang belum mendapatkan penghargaan Adipura ataupun yang belum berpartisipasi dalam even tahunan ini, bisa meniru para ‘juara’. Dikarenakan penghargaan ini, bukan hanya ajang unjuk gigi antar daerah. Melainkan dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kualitas daerah tersebut, baik pelayanan kepada masyarakat, maupun pengelolaan lingkungan perkotaan yang bersih dan nyaman. (HK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here