BERBAGI
Ilustrasi Kuku Pendek

Surabaya, liputanjatim.com  –  Kebersihan kuku memang penting untuk diperhatikan dan dirawat baik itu kuku jari tangan maupun kaki. Proses merawatnya pun tidak memerlukan biaya yang mahal. Bisa saja dimulai dengan menjaga kebersihan kuku agar kuku tetap indah dipandang. Pasalnya, kuku yang terlalu panjang akan mudah menyimpan kotoran dan resiko lainnya.

Ada baiknya dalam memotong kuku, tidak boleh terlalu pendek dan tak boleh terlewat dari batasnya. Hal ini dikarenakan jika kita memotong kuku terlalu pendek, ditakutkan nantinya pertumbuhan pada kuku selanjutnya menyebabkan pertumbuhan kedalam dan akan menusuk ke area dalam kulit sehingga dapat menimbulkan infeksi di sekitar kuku anda.

Lalu, apakah dengan memotong kuku terlalu dalam dapat menimbulkan penyakit? Beberapa dokter dan peneliti menyimpulkan bahwa memotong kuku terlalu dalam akan menimbulkan penyakit yang bisa saja mempengaruhi aktifitas anda. Untuk lebih jelasnya, kami akan sajikan beberapa akibat yang ditimbulkan dari membiasakan memotong kuku terlalu dalam.

  1. Pertumbuhan Kuku Tidak Wajar

Menurut dr. Deffy Leksani Anggar Sari sebagaimana dilansir oleh merdeka.com menyarankan agar dalam memotong kuku tidak terlalu pendek dan terlewat dari batasnya. Hal ini dikarenakan jika anda memotong kuku terlalu pendek, ditakutkan nantinya pertumbuhan kuku selanjutnya akan menyebabkan pertumbuhan ke dalam dan menusuk ke area dalam kulit sehingga dapat menimbulkan infeksi di sekitar kuku anda. Untuk itu disarankan untuk menyisakan sedikit kuku anda pada waktu anda memotong kuku.

  1. Kuku Mudah Rusak

Terlalu sering memotong kuku akan menyebabkan kerusakan pada kuku anda. Ketika dipotong kuku akan mengalami tekanan dan gesekan yang cukup keras. Maka terlalu sering memotong kuku berarti kuku terus-terusan mendapat tekanan tersebut. Sehingga kuku anda akan mudah patah dan rapuh. Ada baiknya anda memotong kuku secara berkala saja dan ketika ujung kuku sudah mulai tumbuh panjang.

  1. Bentuk Kuku Tidak Rata

Kuku juga tidak bisa tumbuh seimbang secara alami jika dipotong terus. Anda tidak memberikan kesempatan yang cukup bagi kuku untuk menyeimbangkan pertumbuhannya. Akibatnya, bentuk kuku anda akhirnya jadi tak tampak beraturan. Apalagi kalau kuku anda mudah patah, pasti kuku jari anda terlihat tidak rata.

  1. Cantengan

Terlalu sering memotong kuku justru bisa menyebabkan cantengan. Cantengan adalah kondisi dimana kuku tumbuh menusuk ke dalam daging. Kondisi ini lebih sering terjadi pada kuku yang permukaannya cenderung datar dan lebar. Namun, cantengan juga kerap dialami oleh orang yang kukunya tidak rata karena terlalu sering dipotong dan dibentuk.

  1. Bau Busuk

Selain sakit, cantengan juga bisa menyebabkan kuku mengeluarkan bau busuk. Hal ini karena kuku menusuk ke dalam daging sehingga menyebabkan daging disekitar kuku mengalami infeksi. Karena sudah mengalami infeksi, maka daging kuku yang luka akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Nah, efek inilah yang tidak ingin anda alami bukan?

  1. Peradangan Pada Daging Kuku

Bengkak dan merah merupakan beberapa tanda peradangan, kemungkinan besar jari anda mengalami infeksi bakteri akibat benda asing yang masuk. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah penyebaran infeksi ke tempat lain atau infeksi yang tidak tertangani sehingga bisa mengakibatkan kematian jaringan yang terinfeksi. Jika sudah terjadi kematian jaringan (Nekrosis) maka jaringan tersebut harus dibuang.

Itulah 6 bahaya yang memungkinkan akan anda alami bila memotong kuku terlalu pendek. Mulai dari saat ini, hindari untuk memotong kuku terlalu pendek. Sisakan sedikit kuku melewati batas kulit yang menempel dengan kuku anda.

Jika sudah terlanjur merasakan rasa sakit akibat memotong kuku terlalu pendek, sebaiknya segera konsultasikan ke pada dokter spesialis anda. Sementara, untuk meredam rasa nyeri dan mencegah berbagai kemungkinan tersebut baiknya anda merendam kuku pada jari tangan atau kaki yang terasa sakit ke dalam air hangat. Lalu bersihkan minimal 3 hari sekali dengan menggunakan cairan antiseptik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here