BERBAGI
Museum Budaya di kawasan Wisata Hawai Water Park menyajikan ribuan topeng bernilai sejarah

Inspirasijatim.com – Kabupaten Malang menawarkan salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga maupun pasangan. Bagi pencinta budaya, museum ini bisa dijadikan tempat belajar sejarah tanah air. Sayangnya, museum kece ini masih belum bisa dibuka resmi untuk umum.

Keanekaragaman budaya tanah air tersebut bisa ditemui di Museum Budaya komplek wisata Hawai Water Park di Perum Graha Kencana Raya, Singosari, Kabupaten Malang. Di tempat itu pengunjung akan disuguhi ribuan topeng bernilai sejarah dan terakota peninggalan masa lalu.

“Kami memang ingin menghadirkan budaya Indonesia. Dengan memberikan edukasi kepada para pelajar dan anak-anak muda melalui Museum Budaya ini,” ungkap Owner Hawai Water Park, Yogie kepada awak media, Senin (8/4/2019).

Berkenaan dengan koleksi topeng di Museum Budaya, Yogie mengatakan jika museum tersebut telah mengkoleksi 1.000 topeng. Mulai dari topeng panji, wayang kulit, wayang golek hingga wayang potehi.

“Kita punya 1.000 koleksi topeng, dari berbagai daerah asal. Seperti Malang sampai dengan topeng menjadi ciri khas Cirebon, Jawa Barat, ada juga wayang kulit, wayang golek dan wayang potehi,” katanya.

Rencananya, Museum Budaya tersebut akan menjadi satu paket wisata pengunjung Hawai Water Park. Ribuan koleksi topeng dijajar berserta nama-namanya. Sehingga mudah bagi pengunjung mengenali satu per satu dari lakon topeng bernilai sejarah tersebut.

Museum Budaya, sambung Yogie, dihadirkan sebagai wujud kemajuan kebudayaan Indonesia. Seperti tercantum dalam Undang-Undang No 5 Tahun 2017 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Museum Budaya juga menjadi bagian dari kemajuan kebudayaan Indonesia seperti dalam undang-undang. Kami sebagai masyarakat Indonesia ingin turut mengekspresikan kemajuan kebudayaan Indonesia dengan menghadirkan Museum Budaya ini,” imbuh Yogie.

Sementara itu, Kurator Museum Budaya Cyntia Handy mengungkapkan jika koleksi yang dimiliki nantinya bukan hanya terpaku kepada topeng saja. Melainkan benda-benda bersejarah yang menjadi jejak perjalanan kebudayaan dari era Singosari, Kediri, Majapahit dan sampai menjangkau seluruh kebudayaan di seluruh Indonesia. Termasuk penyebaran agama Islam oleh Wali Songo.

“Kalau bahas Indonesia, pasti akan bicara Punokawan, topeng Panji yang merupakan asli budaya Indonesia. Tak akan berhenti di situ, sebagai bentuk ekspresi kemajuan budaya, kita juga menghadirkan wayang kulit, wayang golek dan wayang potehi. Jadi bisa ditunggu kapan museum akan dibuka dan nanti dilihat sendiri ribuan koleksi budaya yang kita miliki,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here