BERBAGI
gambar hanya ilustrasi (foto: iyaa)

Inspirasijatim.com  Biasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosok gigi. Ketahuilah bahwa gosok gigi secara teratur belum tentu efektif untuk menjaga gigi tetap putih dan sehat apabila teknik yang digunakan kurang sesuai anjuran.

Gigi dalam rongga mulut jadi bagian pentig, Gigi digunakan mengunyah, menghaluskan makanan serta membuat semua makanan bisa masuk ke pencernaan. Berbagai bahan yang melewati gigi ini, membuat lapisan luar gigi bisa mengalami perubahan warna dan mempengaruhi kesehatan gigi.

Beberapa penyebab utama timbulnya kerusakan gigi meliputi, kurang rajin gosok gigi, merokok, serta terlalu sering konsumsi kopi, tidak seimbannya hormon, kurangannya kadar mineral, kekurangan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan D pada makanan yang kita pilih untuk dimakan.

Berikut adalah tips untuk menjaga kesehatan gigi anda agar tetap putih dan kuat

  1. Menggosok gigi

Menggosok gigi 2-3 kali sehari adalah jumlah yang ideal. Apabila  menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari itu dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi. Jangan menggosok gigi terlalu kuat karena juga dapat merusak gig dan gusi. Gerakan menggosok hars teratur dan merata untuk mendapatkan hasl maksal, yang terahir berkumur dengan obat kumur untuk menyempurnakannya.

  1. Gunakan benang gigi

Benang gigi atau dental floss bisa membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di sela gigi. Benang gigi dapat menjangkau bagian gigi tertentu yang tidak dapat terjangkau oleh sikat gigi. memakainya haru pelan-pelan dan hati-hati. Sebab kalau sobat terlalu kencang menggunakannya malah berbahasa sebab bisa-bisa gusi terluka dan berdarah, Ini di karenakan setruktur benang itu memang tajam dan tipis.

  1. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin

Makanan minuman yang terlalu panas atau dingin dapat merusak sensitivitas gigi bahkan dampak paling negatif dapat membuat retak gigi. Bila semua itu sudah terjadi, maka bakteri akan mudah masuk kedalam struktur gigi dan menyebabkan sakit gigi atau bahkan menambah kerusakan gigi terutama pada warna putih di gigi.

  1. Perbanyak makanan kaya nutrisi serta kurangi konsumsi gula

Konsumsi vitamin dan mineral yang dapat larut dalam lemak bisa mencegah kerusakan gigi. Mengonsumsi sayuran berwarna hijau dan lemak sehat seperti minyak kelapa, alpukat, biji dan kacang-kacangan sangat dianjurkan. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula seperti permen, atau coklat dan lain sebagainya. Sebab Sisa makanan tersebut melekat pada gigi dan dapat mempercepat bakteri untuk membuat gigi berlubang.

  1. Kurangi konsumsi kopi

Sewajarnya kopi mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh. Tetapi kita juga harus tau, apa bila mengkonsumsi kopi yang terlalu banyak, bisa membuat warna gigi berubah jadi menguning.

  1. Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

untuk cara ini adalah bentuk perawatan kesehatan gigi secara medis. Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin untuk dapat mengantisipasi apabila jika terjadi masalah segera bisa dilakukan tindakan medis oleh dokter gigi[JF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here