BERBAGI
foto diambil dari https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3481882/ingin-nikmati-oksigen-terbaik-menpora-liburan-ke-gili-iyang

inspirasijatim.com, Sumenep –Siapa yang tak kenal dengan Pulau Madura. Disamping terkenal dengan makanan yang ada dimana-mana yakni sate, pulau ini juga dikenal dengan balap sapi-nya atau yang disebut dengan Karapan Sapi.

Sejak diresmikannya jembatan penghubung Surabaya dengan pulau Madura, yakni jembatan Suramadu. Drastis banyak destinasi yang sebelumnya tidak diketahu public, kini menjadi idaman dan salah destinasi wajib ika berkunjung ke Jawa Timur.

Tapi ada yang tahu tidak ada pulau cantik di Madura yang dinobatkan menjadi pulau dengan salah kadar oksigen terbaik didunia. Pulau itu bernama Gili Iyang, yang masuk wilayah Kabupaten Sumenep.

Memang agak asing ditelinga masyarakat umum, mereka kebanyakan mengenal Gili Labak. Padahal Gili Iyang ini letaknya tak jauh dengan Gili Labak karena berada di satu Kabupaten yaitu Kabupaten Sumenep atau lebih detailnya berada di desa Dungkek, Kec Dungkek yang berjarak sekitar 28 KM dari pusat Kabupaten Sumenep.

Keduanya juga sama-sama menawarkan alam bawah laut yang menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Terutama buat kalian yang menyukai aktivitas menyelam danmenyusuri pantai pasir putihnya yang indah sambil menghirup udara segar.

Namun yang membedakan Gili Iyang yakni kandungan oksigennya. Menurut catatan yang didapat dari penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit jawa Timur (BBTKLPP). Kandungan oksigen yang dimiliki kawasan ini sangat tinggi yaitu sekitar 21,5 %.

Selain mengandung oksigen yang tinggi, gili ini juga jauh dari kata polusi dikarenakan jarangnya kendaraan bermotor yang melintas di Gili Iyang. Kandungan karbondioksidanya hanya sekitar 265, sementara tingkat kebisingannya hanya 36,5 db. Jadi, selain udaranya menyegarkan suasananya juga menenangkan hati.

Secara tidak langsung menambah kesehatan dan membuat anda awet muda. Tak heran jika warga di Gili Iyang berumur panjang. Kakek nenek yang berumur 80 saja masih terlihat bugar dan sehat, bahkan ada yang sampai berumur 175 tahun. Karenanya, penduduk di pulau ini memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi ketimbang penduduk di daerah lainnya.

Jadi bagi yang pengen awet muda, wajib dating ke Gili Iyang ini. Tapi saran kami, jangan sampai datang dengan banyak rombongan, karena nanti bisa rebutan oksigen, hehehehe (HK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here