BERBAGI
Dr Gamal Albinsaid, Dokter Sampah Asal Malang

Malang, Inspirasijatim.com – Sampah, begitu dengar kata-kata tersebut. Kita langsung berkonotasi buruk. Mulai bau yang tidak sedap, kotor dan jauh dari kata sehat. Namun, ditangan pemuda asal malang, sampah bisa menjadi menyehatkan. Bagaimana bisa? Kita simak cerita berikut ini

Gamal Albinsaid, begitu namanya. Ia dilahirkan di Kota Malang, kota yang dikenal dengan bahasa walikannya, 08 September tahun 1989. Ia habiskan masa sekolahnya di Malang, mulai dari Sekolah Dasarnya di MI Jendral Sudirman Malang. Kemudian dilanjutkan di SMP Negeri 3 Malang. Setelah itu Dokter Gamal mengambil program Akselerasi di SMA Negeri 3 Malang pada tahun 2005-2007. Setelah itu melanjutkan kuliah di Universitas Brawijaya dengan mengambil Fakultas Kedokteran dan lulus dengan predikat Cum Laude dengan IPK 3,69.

Ceritanya, ketika masih aktif kuliah Ia bersama beberapa sahabat kampusnya ditahun 2010, menggagas sebuah program sosial bagi warga miskin bernama ‘Klinik Asuransi Sampah’. Namun program klinik ini sempat terhenti sekitar 6 bulan. Baru pada Maret 2013, aktivitas yang digelar di bawah payung CV Indonesia Medika. Gamal menjelaskan, pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pemeriksaan dokter, gula darah sampai obat.

Gamal menjelaskan sistem pembayaran yang dilakukan di klinik sampah ini, berbeda dengan klinik konvensional yang lain. Ia mengembangkan satu sistem di mana masyarakat dapat memperoleh layanan kesehatan dengan cara menukarkan sampah. Layaknya asuransi mikro dengan premi murah. Warga, bisa mengumpulkan sampah yang nantinya dihargai sebesar Rp 10 ribu.

Warga yang menyetorkan sampah, akan mendapat kartu, yang bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pengobatan. Ia mengatakan, kartu itu bisa menjadi jaminan bagi masyarakat saat membutuhkan penanganan medis. Sehingga tidak ada kekhawatiran lagi untuk memikirkan biaya berobat, dikarenakan tabungan sampah yang sudah dikumpulkan warga tersebut.

Bahkan dikantor Indonesia Medika Jalan Kedawung, Kota Malang,  masyarakat yang sudah mendaftar ada sekitar lebih dari 500 orang, ia juga mengatakan bahwa sudah mendirikan lima klinik yang tersebar di Malang, dengan rincian empat klinik di Kota dan sisanya di Kabupaten. Ia juga berencana mendirikan klinik baru tak jauh dari Kantor Indonesia Medika di Jalan Kedawung, Kota Malang.

Dari prestasinya, tak pelak ia mendapat apresiasi dari banyak orang dan lembaga. Diantaranya ia menerima penghargaan pertama Sustainable Living Young Entrepreneurs Awards, di Inggris pada awal 2014 yang diserahkan langsung oleh Pangeran Charles. Bahkan Pangeran Charles menjamunyadi Istana Buckhingham. Tak lupa, Pangeran Charles juga memujinya, dan mengatakan bahwa program Klinik Asuransi Sampah ini menyelesaikan dua masalah pada waktu yang bersamaan yakni kesehatan dan lingkungan.

Bahkan dalam World Festival for Youth and Students 2017, di Moskow dan Sochi yang berlangsung sampai hari Minggu (22/10). Presiden Rusia Vladimir Putin tak ketinggalan memujinya, ia mengatakan bahwa yang dilakukan Dr Gamal adalah salah satu hal terpenting dan terpuji, dengan hasil yang jelas. Klininik ini adalah misi khusus, dan bukan hanya sekedar profesi.

Lebih lanjut. dalam pertemuan dengan Presiden Rusia pekan lalu, Putin juga meminta Gamal untuk mengembangkan inovasinya dengan para pemuda dari negara-negara lain. Presiden Rusia tersebut gagasan Klinik Sampah pantas mendapat penghargaan dan dukungan dari dunia Internasional.

Dr Gamal tidak berhenti hanya dengan Klinik yang sudah melambungkan namanya didunia Internasional. Dalam waktu dekat, Dokter lulusan UB tersebut berencana mengembangkan Kliniknya menggunakan Platform telefon, aplikasi mobile atau website agar orang lebih mudah mengakses laanan tersebut. Jadi masyarakat tidak perlu datang ke Rumah Sakit untk berobat. Tinggal memakai aplikasi tersebut, dokter akan datang kerumah pasien tersebut. Mirip seperti aplikasi Gojek, Uber, Grab, dll. Semoga bisa terus mengabdi untuk masyarakat dan bangsa. Umak Mbois Ilakes Sam, SASAJI. (HK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here