BERBAGI
Daffa dan Raihan menunjukkan medali yang mereka raih

Inspirasijatim.com – Dua siswa MAN 1 Kabupaten Pasuruan kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Adalah Muhammad Daffa Akbar Alamsyah (16) dan Muhammad Raihan Al Hakim (16) berhasil meraih emas dan perunggu di ajang Robofest Japan 2019 di Okoyama University, Jepang.

Mereka berhasil menyingkirkan 49 tim dari 12 negara di kategori gathering supertim senior sehingga mendapatkan emas.

Untuk medali perunggu, Muhammad Daffa yang turun di nomor perorangan kategori line maze senior juga berhasil menyabet juara ketiga.

“Lawannya dari Jepang, Cina, Korea dan negara lainnya. Yang paling berat tuan rumah,” kata Daffa saat ditemui di sekolahnya, Jalan Balai Desa Gelanggang 3 A, Beji, Sabtu (14/9/2019).

Sambil mengoperasikan dan menjelaskan fungsi robot yang menang dalam kompetisi tersebut, Daffa dan Raihan juga menjelaskan kategori gathering supertim senior. Dalam kategori ini, robot dipogram untuk berjalan sesuai garis dan mengambil objek atau barang dengan ketepatan dan kecepatan waktu yang telah ditentukan.

“Untuk kategori line maze senior, robot harus beradu cepat dengan robot milik peserta lain, melewati jalur yang sudah dipersiapkan sebelumnya,” terangnya.

Raihan yang saat ini duduk di bangku kelas X IIS/2 ini menjelaskan bahwa sebelum tampil di ajang tersebut, mereka mengikuti seleksi dari tingkat terbawah. Mulai dari seleksi sekolah hingga seleksi nasional.

“Setelah lolos seleksi nasional, saya dan Daffa menjalani latihan selama tujuh bulan,” jelas Raihan.

Sementara itu, Kepala Sekolah MAN 1 Kabupaten Pasuruan Agus Suwito, mengatakan pihak sekolah memberi apresiasi tinggi pada Daffa dan Raihan. Ia berharap keduanya mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi.

“Eksta kurikuler robotik kami bekerjasama dengan ITS. Kami sangat bangga dua siswa kami mengharumkan sekolah dan Pasuruan,” tandas Agus.   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here