Beranda Hiburan Daya Tarik Hiu Tutul Pantai Bentar

Daya Tarik Hiu Tutul Pantai Bentar

346
0
BERBAGI
foto hiu tutul (foto: kaskus)

Probolinggo, inspirasijatim.com– Hiu Paus atau dikenal sebagai Hiu Tutul, menjadi ikon wisata di Pantai Bentar, Kabupaten Probolinggo. Munculnya Hiu Paus atau Whale Shark (Rhincodon typus), ini menjadi daya tarik pengunjung atau pun pencinta hewan dari dalam maupun luar Probolinggo.

Fenomena Hiu Paus yang suka hidup berkelompok ini diperkirakan bermigrasi dari lautan Australia, yang mengalami pergantian iklim. Hiu paus yang kerap berada di perairan pantai utara Probolinggo, rata-rata berukuran lebar 1 meter dan panjang 8 meter.

Kawanan Hiu yang bisa mencapai puluhan ekor ini, merupakan fenomena tahunan, dan biasanya muncul antara bulan Desember hingga April. Kawanan ikan pemakan plankton ini, muncul atau tampak di pantai bentar pada pagi, sore hari atau saat cuaca sedang mendung.

Untuk masuk kepantai Bentar wisatawan cukup membayar Rp5000, untuk bisa lebih dekat dengan hiu, wisatawan bisa menyewa perahu motor nelayan untuk menuju perairan lepas lokasi hiu berkeliaran. Cukup dengan Rp10 ribu, setiap wisatawan bisa menikmati tingkah pola Hiu Paus dari jarak sangat dekat.

Pantai bentar dengan pesona Hiu sangat tepat menjadi destinasi wisata akhir tahun di Jawa Timur. Wisata yang tergolong ekonomis tapi sangat berkesan ini patut dicoba, lokasi yang mudah di tempuh sebab berada di jalur lintas pantura, Gurahsawo, Gending, Probolinggo Jawa Timur.[JF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here