Beranda Daerah Asal Usul Banyuwangi Ethno Carnival 2017, Yuk Mampir Gaes…!

Banyuwangi Ethno Carnival 2017, Yuk Mampir Gaes…!

293
0
BERBAGI
foto hanya ilustrasi (foto: kangtulus)

Banyuwangi, Inspirasijatim.com– Banyuwangi Ethno Carnival Karnaval Etnik Banyuwangi atau sering disebut BEC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar dalam rangkaian Banyuwangi Festival di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. BEC ini merupakan salah satu karnaval yang sangat unik dan spektakuler sebab diajang karnaval tersebut bakal menampilkan busana adat tradisional, kostum yang menarik dengan berbagai macam tema.

Pada tahun 2011 adalah karnaval Banyuwangi Ethno Carnival yang pertama di Banyuwangi, konsisten mengeksplorasi kebudayaan lokal, seperti Tari Gandrung, ritual Kebo-keboan, tradisi pernikahan masyarakat Suku Using, hingga seni Barong Kemiren. Tahun ini BEC akan dilaksanakan pada 11 November 2017, dengan mengangkat tema keagungan Gunung Ijen, Majestic Ijen.

BEC tahun 2017 ini bakal dimeriahkan 160 peserta dengan berbagai macam kostum. Dan seluruh peserta akan berjalan menggunakan kostum karnaval tersebut, mulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi melewati jalan-jalan protokol Kota Banyuwangi sepanjang 2,2 kilometer.

BEC juga menjadi salah satu pemacu kreatifitas para generasi muda, memberikan ide unik dan menarik untuk di terapkan pada busana yang berlatar etnik dan tradisi sebagai apresiasi  terhadap nilai budaya lokal. Sehingga mampu menampilkan sajian yang dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya Banyuwangi, BEC akan mennyajikan  sajian yang sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.[JF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here