BERBAGI
Ilustrasi Orang Membaca Buku

Surabaya, Inspirasijatim.com – Buku adalah jendela pengetahuan. Begitulah pepatah lama mengingatkan kita untuk selalu membaca agar menambah wawasan sekaligus berswawisata di aras pemikiran orang lain. Kegiatan membaca jamaknya dilakukan oleh mereka yang memiliki kebutuhan khusus akan suatu informasi. Meskipun kegiatan baca tidak terbatas pada lingkup naskah akademik, karya fiksi, ataupun tulisan lepas lainnya. Namun, tradisi membaca harus tetap dilestarikan agar tradisi menulis juga tidak hilang begitu saja dalam peradaban kita.

Tahukah anda bahwa aktifitas membaca memiliki manfaat bagi kelangsungan organ tubuh kita. Organ tubuh juga membutuhkan suplai pengetahuan untuk merangsang daya pikir dan kembang otak dan organ lainnya. Sehingga, manfaat membaca seraca konsisten tidak hanya menambah wawasan semata, melainkan dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut kami lampirkan beberapa manfaat dari membaca setiap hari yang diolah dari beragam sumber.

  1. Menambah Kekuatan Memori Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Key Pugh, presiden dan direktur penelitian Haskins Laboratories di majalah Oprah menuturkan bahwa dibandingkan menonton televisi atau mendengarkan radio, membaca dapat memberikan pelatihan yang berbeda. Baik ketika mencerna setiap halaman ataupun membaca kata pengantarnya saja. Bagian otak telah mengembangkan fungsi lain seperti kemampuan imajinasi, bahasa dan pembelajaran asosiatif, semua terhubung dalam sirkuit saraf tertentu ketika membaca. Sehingga kebiasaan membaca dapat merangsang otak dalam berpikir dan berkonsentrasi.

  1. Meningkatkan Hubungan Sosial

Membiasakan diri untuk selalu membaca dapat mempengaruhi aspek sosial setiap orang. Dimana ia bisa mengenal berbagai macam karakteristik, budaya, maupun kehidupan sosial suatu masyarakat. Sehingga apabila suatu saat anda berkunjung ke suatu tempat, anda sudah tahu bagaimana cara bersikap untuk menghormati adat serta kebudayaan mereka.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer atau Kepikunan

Para peneliti menyebutkan bahwa membaca dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah kehilangan memori di otak. Otak sama dengan organ tubuh lain, yang juga memerlukan latihan untuk menjaga stabilitasnya agar terhindar dari berbagai gangguan. Semisal membaca karya Charles Dickens. Karya Dickens bisa memanipulasi otak anda agar selalu mengingat tentang sulitnya kehidupan seorang Oliver Twist sebelum bertemu dengan lelaki tua yang biasa dipanggil Pak Brownlow.

  1. Mengurangi Resiko Stres

Membaca secara serius memang dapat merelaksasi diri. Peneliti menemukan bahwa membaca terbukti menjadi alat untuk menurunkan stres, mengalahkan cara menghilangkan stres dengan mendengarkan musik, berjalan-jalan dan minum secangkir teh. Stres dapat menghilangkan energi, mengacaukan libido bahkan membuat Anda menderita beberapa penyakit berbahaya. Membaca selama enam menit saja cukup untuk memperlambat denyut jantung dan mengurangi ketegangan otot.

  1. Memberikan Kebahagian

Uang bukanlah satu-satunya sumber kebahagiaan. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa pengalaman hidup membuat Anda lebih bahagia dibanding hal materi. Namun, sebuah studi yang lebih baru yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Psychology menunjukkan bahwa produk eksperimental yang dirancang untuk menciptakan atau meningkatkan pengalaman hidup, seperti buku, adalah penguat kebahagiaan. Selain itu, sebuah studi di Universitas Texas Utara juga menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang terus membaca dan belajar jauh lebih puas dengan kehidupan mereka.

  1. Menjaga Organ Otak Tetap Aktif dan Tajam

Seperti dilasir majalah Prevention, aktivitas yang melibatkan latihan otak membuat otak lebih efisien mengubah struktur untuk terus berfungsi dengan baik, terlepas dari hal-hal neuropatologi yang berkaitan dengan usia, kata Robert S. Wilson, PhD, profesor neuropsikologi di Rush University Medical Center. Beliau menambahkan, menjadikan membaca buku sebagai hobi dari usia anak-anak hingga usia tua, bermanfaat besar untuk kesehatan otak di usia tua nantinya.

  1. Melatih Keterampilan Untuk Berpikir dan Menganalisa

Manfaat membaca buku dapat melatih otak untuk dapat berfikir lebih kritis maupun menganalisis adanya masalah yang tersaji dalam apa yang kita baca. Kita seperti mendapatkan akses atau jalan untuk dapat masuk ke dalam alur cerita dan membantu dalam penyelesaian cerita tersebut. Hal tersebut dapat membantu mengembangkan karakter kita di masa mendatang.

  1. Dapat Memperluas Pemikiran Seseorang

Seseorang yang gemar membaca buku telah dilaporkan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca. Dengan kegiatan membaca buku, kita bisa berbagi pengalaman dengan orang lain tentang berbagai macam hal, yang nantinya bisa kita jadikan sebagai suatu bahan pertimbangan untuk dapat memutuskan sesuatu.

  1. Dapat Mendorong Tujuan Hidup Seseorang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University menyatakan bahwa dengan membaca buku dapat membantu seseorang untuk mendapatkan motivasi dalam mengatasi berbagai macam hambatan, sehingga nantinya dapat membantu dalam mencapai tujuan hidupnya. Pada saat seseorang dapat lebih mengidentifikasi karakter, pengalaman, serta berbagai macam peristiwa yang seolah-olah hal itu sedang terjadi pada mereka, maka akan semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk mengambil tindakan.

Demikian beberapa manfaat dari kebiasaan membaca setiap hari. Selain menambah diksi dalam merangkai kata, menulis dengan baik, dan berhemat. Rupanya aktifitas membaca juga memiliki dampak yang baik bagi tubuh loh. Dan, selamat menikmati akhir pekan anda!!![mm]

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here